KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » Kuliah Umum Kepala Staf Angkatan Laut Di Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada.

Kuliah Umum Kepala Staf Angkatan Laut Di Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada.

Written By portal komando on 26 Okt 2017 | 1:02 PM

PK,.Yogyakarta. Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah bagi Kuliah umum yang disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana Ade Supandi, SE, MAP pada Kamis (26/10/17). 

KASAL Laksamana Ade Supandi menyampaikan kuliah umum dengan tema "Meneguhkan Kedaulatan dan Menuai Kemakmuran di Laut Nusantara'' dan dikuti oleh ratusan mahasiswa Fakultas Teknik UGM. 
 
Kegiatan ini merupakan kelanjutan dan realisasi dan Pejanjian Kerja sama antara TNI AL dengan Fakultas Teknik UGM yang sudah dibuat tahun 2016 lalu.

Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada menyadari bahwa laut merupakan bagian penting dari Indonesia sebagai negara kepulauan. Proporsi ruang laut yang jauh lebih tinggi dibandingkan wilayah daratan menjanjikan berbagai potensi untuk dikelola dan dimanfaatkan untuk kesejahteran rakyat Indonesia. Hal ini sejalan dengan visi Poros Maritim Dunia yang dikemukakan oleh Pemerintah saat ini.

Mengelola laut memerlukan pendekatan multidisiplin dan disiplin kerekayasaan (Fakultas Teknik) semestinya memainkan peran penting. Untuk itulah kuliah umum dari KASAL ini menjadi agenda penting bagi Fakultas Teknik yang menaungi delapan Departemen. 
 
Dekan Fakultas Teknik, Prof Nizam, menegaskan bahwa setiap Departemen di Fakultas Teknik UGM memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan penelitian dan proyek rekayasa yang terkait erat dengan kelautan dan pengelolaan laut. 

"Kuliah umum dari KASAL ini diharapkan bisa menguatkan pandangan itu serta membuka cakrawala civitas akademika Fakultas Teknik UGM untuk melihat berbagai peluang penelitian dan kontribusi" jelas Profesor Nizam.

Dalam kunjungannya ke UGM, KASAL juga berkenan menyerahkan bantuan berupa alat single beam er ATLAS DESo 15.
 
"Alat ini berfungsi untuk menentukan kedalaman laut sehingga bisa digunakan untuk memetakan dasar laut, Ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan pemahaman kita terhadap laut dan dasar laut yang akan bermanfaat bagi pengelolaan laut di masa depan" tegas KASAL, Laksamana Ade Supandi, SE, MAP.

Perlu dipahami bahwa secara umum, umat manusia lebih memahami permukaan Mars dan Bulan dibandingkan dasar laut karena perhatian ilmu dan teknologi selama ini diarahkan untuk memetakan Mars dan Bulan. Hal ini tentu tidak ideal dan pandangan manusia harus diubah untuk bisa mamahami laut dengan lebih baik. 

Kunjungan KASAL ini juga dimaksudkan untuk menegaskan komitmen UGM dan TNI AL untuk senantiasa bekerjasama dalam aktivitas yang kongkrit dan berkelanjutan. Idealnya kedua institusi dalam menyelenggarakan kegiatan yang memanfaatkan potensi kedua belah pihak sehingga hasilnya optimal, karena mencerminkan perpaduan kompetensi. Kedua belah pihak juga telah sepakat beberapa kegiatan spesifik yang bisa ditindak lanjuti secara langsung, setelah kesepakan dan komitmen dibuat di antara kedua belah pihak. 

Pada kesempatan ini juga didakan pameran berupa hasil riset para dosen dan mahasiswa di Fakultas Teknik terkait bidang pertahanan dan kelautan. Riset tersebut antara lain pemetaan kawah gunung agung Bali menngunakan UAV (Unmanned Aerial Vehicle) based photogrammetry, e-Bathymetry (unmanned surface vesel for bathymetry). 
 
Rancang bangun sistem pengawasan maritim, rancang bangun instrumentasi pengukur jarak dan posisi roket berbasis programmabke system in chip beacon hunting dan telemetri, radar, pompa lindri (pompa air listrik mandiri), lunar (home automation), USV untuk pemetaan batimetri, camar biru (unmanned aircraft system).
 
Pameran ini juga dikuti oleh beberapa club keminatan/ riset seperti Gamantaray (Gadjah Mada Marine and Naval Technology Advanced Reserach Activity), GMAT (Gadjah Mada Aerospace team, Gamaforce (Gadjah Mada Flying object and Research Center). Berbagai jenis UAV, drones dan kapal yang sangat bermanfaat bagi bidang ketahanan dan kelautan juga ditampilkan dan mengundang antusias para tamu dan undangan. (NSR/bang natsir).
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando