KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » Mayor Inf. Rofiq Alfian Kasdim Cilacap ikuti Tradisi Sedekah Laut

Mayor Inf. Rofiq Alfian Kasdim Cilacap ikuti Tradisi Sedekah Laut

Written By portal komando on 6 Okt 2017 | 5:16 PM


Cilacap – Kasdim 0703/Cilacap Mayor Inf A. Rofiq Alfian bersama unsur Forkompimda Cilacap hadiri dan meriahkan acara tradisi 1 Sura melalui acara sedekah laut yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Cilacap, Jumat (06/10)

Tradisi Sedekah Laut yang digelar setiap tahun juga diisi dengan berbagai ritual acara selamatan dan ritual agama yang sudah dilakukan sejak nenek moyang hingga berlangsung sampai saat ini sebagai wujud uri - uri atau melestarikan budaya para leluhur.

Dalam acara tradisi ini yang dimulai dari Pendopo Wijaya Kusuma, Kabupaten Cilacap diarak menuju laut, tentunya banyak masyarakat yang ingin menyaksikan acara tersebut.

Beberapa Prajurit Kodim 0703/Cilacap terlibat pengamanan pada acara tersebut yakni sedekah laut yang sudah menjadi tradisi selalu dilakukan masyarakat Cilacap setiap 1 Sura. Kegiatan ini merupakan bentuk ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkah keselamatan dan hasil laut yang telah dilimpahkan.

Ribuan masyarakat Cilacap, Jawa Tengah, menggelar ritual yakni melarung sesaji ke tengah laut. Warga percaya larungan sesaji akan mendatangkan berkah.
 
Acara diawali dengan arak-arakan yang dikawal peserta berpakaian adat jawa sebagai simbol.

Nasi tumpeng yang dimasukkan dalam miniatur perahu ditandu oleh empat orang. Nasi tumpeng dan aneka hasil laut kemudian dibawa ke atas perahu untuk dilarung ke tengah lautan.
 
Berbagai kesenian tradisional turut mengiringi arak-arakan hingga tepi pantai. Bahkan ribuan warga yang menunggu prosesi larungan telah memadati area pantai Teluk Penyu Cilacap sejak pagi tadi.

Tampak hadir dalam Kegiatan tersebut Bupati dan Wakil bupati Demak Cilacap, Kasdim 0703/Cilacap, Kapolres Cilacap, serta pejabat lainya.
 
Sebelum tumpeng dilarung, seorang sesepuh terlebih dulu memimpin doa agar para nelayan tetap dikaruniai rezeki melimpah. 

Selain sebagai bentuk syukur, acara larung sesaji juga ini juga bertujuan untuk melestarikan budaya para leluhur.
 
Untuk menjamin keamanan, regu Tim SAR Cilacap yang terdiri dari Kodim 0703/Cilacap,TNI AL, Polres Cilacap dan BPBD Cilacap diterjunkan langsung ke tempat larubgan.(Pendim.Clp)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando