Home » » MELALUI TMMD KODIM NGAWI BERIKAN ILMU MERAMU OBAT TERNAK.

MELALUI TMMD KODIM NGAWI BERIKAN ILMU MERAMU OBAT TERNAK.

Written By portal komando on 14 Okt 2017 | 8:07 AM

Ngawi,  - Melalui Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 Kodim 0805 Ngawi memberikan penyuluhan kepada mayarakat Desa Karanganyar yaitu cara membuat ramuan obat tradisional untuk hewan ternak. Kegiatan ini dilaksanakan dirumah Kades Karanganyar Setya Budi dan merupakan program non fisik TMMD ke-100 tahun 2017. Jumat, (13/10/2017).

Pada kegiatan ini materi di sampaikan oleh Serda Supardi Babinsa Koramil 0805/01 Kota, menyampaikan bahwa pemanfaatan obat tradisional dianjurkan karena selain dapat menghemat biaya, juga dapat mengurangi ketergantungan petani peternak terhadap obat-obat ternak produksi pabrik yang harganya cukup mahal dan terkadang kurang bahkan tidak tersedia di pedesaan.

Dikatakan, kondisi dimana ternak sakit dan tidak ada obat-obatan pabrik maka tumbuh-tumbuhan berkhasiat obat yang biasanya banyak terdapat di daerah pedesaan dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan bagi ternak. Di daerah pedesaan bahan tradisional cukup banyak tersedia, karena itu tingkatkanlah pemanfaatannya. 

   ''Dengan memanfaatkan obat tradisional masalah tidak tersedianya obat pabrik dapat diatasi dan khasiatnyapun tidak kalah dengan obat buatan pabrik,'' katanya.

Pada kesempatan tersebut Serda Supardi menyampaikan beberapa resep obat tradisional untuk ternak sapi dan bagamana cara pembuatan serta pengobatan pada ternak sapi. (Dim 0805/Ngw).
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando