Home » » PANGKOLINLAMIL PIMPIN PERINGATAN SUMPAH PEMUDA

PANGKOLINLAMIL PIMPIN PERINGATAN SUMPAH PEMUDA

Written By portal komando on 28 Okt 2017 | 9:24 AM



Keterangan foto : Panglima Kolinlamil Laksma TNI Yudo Margono, S.E. bertindak selaku inspektur upacara dalam upacara Peringatan Sumpah Pemuda yang diikuti seluruh jajaran Kolinlamil di Lapangan Mulyono Silam, Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

PK,.Jakarta, 28 Oktober 2017 ------ Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-89, dengan upacara bendera yang dilaksanakan di lapangan apel Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (28/10). Panglima Kolinlamil Laksma TNI Yudo Margono, S.E. bertindak selaku inspektur upacara dalam upacara yang diikuti seluruh jajaran Kolinlamil baik Perwira, Bintara, Tamtama dan Aparatur Sipil Negara.

Upacara yang dikomandani Komandan KRI Teluk Amboina 503 Letkol Laut (P) Wishnu Ardiansyah, S.E., M.Tr (Hanla) berlangsung dalam suasana yang cerah dan memberi semangat dan hikmat bagi jajaran Kolinlamil.

Dalam sambutan Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia Imam Nahrowi, yang dibacakan Panglima Kolinlamil mengatakan, peringatan HSP ini, merupakan momentum sejarah yang sangat penting dalam perjuangan bangsa indonesia, yang dipelopori oleh anak-anak muda pada jamannya.

Selain itu, lanjut Menpora, Sumpah Pemuda juga merupakan momentum yang telah membangun komitmen kolektif bangsa untuk bersatu dan mengembangkan jiwa nasionalisme di tengah-tengah hegemoni kolonialisme penjajah.

Dalam sejarah mencatat, Mohammad Yamin dari Sumatera, Johanes Leimena dari Maluku, Katjasungkana dari Madura dan Lefrand Senduk dari Sulawesi, mereka bertemu, berdiskusi, bertukar pikiran, mematangkan gagasan hingga bersepakat mengikatkan diri dalam komitmen ke-Indonesiaan.

Para pemuda yang berlatarbelakang berbeda baik suku, agama dan bahasa namun mereka membuktikan bahwa sekat dan batasan-batasan tersebut tidak menjadi halangan bagi mereka untuk bersatu demi cita-cita besar Indonesia.

Momentum sejarah ini penting untuk kembali direnungkan dan direaktualisasikan, agar semangat yang terkandung didalamnya dapat terus memberikan inspirasi dan motivasi bagi seluruh bangsa ini, terutama dalam menghadapi bahaya disintegrasi bangsa.

Dengan kemudahan teknologi komunikasi yang ada saat ini, seyogyanya kita lebih mudah untuk berkomunikasi, berkumpul, bersilaturahmi dan berinteraksi sosial.

“Tidak ada ruang untuk salah paham apalagi membenci, karena semua hal dapat kita konfirmasi dan klarifikasi dalam hitungan detik” Kata Pangkolinlamil menyampaikan sambutan Menpora.

Diakhir sambutan menegaskan pesan Presiden pertama Soekarno bahwa Kita harus mewarisi api sumpah pemuda yaitu api semangat untuk terus bersatu dalam kebhinekaan satu bahasa, satu bangsa dan satu tanah air yang diatas segala-galanya.

“Jauhkan upaya bentuk memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa baik ego kesukuan, keagamaan dan kedaerahan. Persatuan Indonesia diatas segala-galanya” tutup Pangkolinlamil menegaskan sambutan Menpora.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Kaskolinlamil Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, S.E., M.M., Irkolinlamil, para Asisten Pangkolinlamil, Kasatker/Kadis, Komandan Satlinlamil Jakarta dan para Komandan KRI yang berada di Jakarta.



Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando