KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » Pembina Jam’iyyatul Islamiyah, KH Aswin Rose Yusuf Tausiyah di Ambon

Pembina Jam’iyyatul Islamiyah, KH Aswin Rose Yusuf Tausiyah di Ambon

Written By portal komando on 16 Okt 2017 | 3:50 PM



Ambon, -Pembina Jam’iyyatul Islamiyah Bpk Dr. KH. Aswin R. Yusuf berkesempatan hadir untuk mengisi Ceramah/Taushiyah kepada TNI, Polri, Pemda dan Masyarakat Maluku di Baileo Slamet Riyadi Makorem 151/Binaiya Jl Ahmad Yani No 1, Kec. Sirimau, Kota Ambon pada Minggu (15/10) malam. Kegiatan diawali dengan pembacaan Tilawatil Qur’an oleh Dr. H. Husaini Arifin M. Pd.

Ketua Harian Majelis Ulama Indonesia Provinsi Maluku Dr. Abidin Wakano M.Ag. dalam sambutannya mengatakan Maluku merupakan Provinsi yang berkarakteristik kepulauan, dengan jumlah pulau yang lebih dari 1340 pulau, jika digabungkan maka luasnya melebihi Pulau Jawa. Maluku pernah menjadi sentral dari semua peradaban karena Maluku merupakan “Spice Island” atau pulau rempah-rempah, pernah dijajah berbagai bangsa karena rempah-rempahnya, akibat penjajahan itu semua peradaban Maluku terkubur.

Melalui program Pangdam XVI/Pattimura yaitu Program Emas Biru dan Emas Hijau, Kodam XVI/Pattimura berusaha mengembalikan kejayaan peradaban yang ada di Maluku. Program Emas Biru dan Emas Hijau sangatlah bermanfaat bagi masyarakat Maluku dan pada intinya bertujuan untuk memanen Emas Putih yaitu perdamaian yang abadi.

Lebih lanjut Abidin Wakano mengatakan laut Maluku yang kaya, melalui program Emas Biru, yang dahulunya laut hanya diekploitasi sekarang juga dapat dilestarikan dan dirawat. Sedangkan di darat, melalui progran Emas Hijau, mengajak seluruh masyarakat Maluku untuk mengelola sumber daya alam perkebunan dan pertaniannya. Program Emas Hijau dan Emas Biru merupakan suatu cara Kodam XVI/Pattimura dalam mengajak seluruh masyarakat Maluku untuk berhenti berkonflik atau cara untuk mendamaikan masyarakat Maluku demi tercapainya kesejahteraan dan perdamaian yaitu emas putih.

“Melalui Falsafat Orang Maluku, Ale Rasa Beta Rasa, Potong di Kuku Rasa di Daging, Kai Mese Mese Aman dan disertai hati yang ikhlas kita capai kesejahteraan dan kemakmuran demi tercapainya perdamaian “Emas Putih”, ujar Abidin Wakano.

Ketua umum DPP Jamiyatul Islamiah Bpk Prof. Dr. Imam Suprayoga dalam sambutannya mengatakan Jamiatul Islamiyah adalah salah satu organisasi yang mana kegiatannya ialah berdakwah bukan hanya kepada keluarga tetapi juga seluruh masyarakat. Sekarang ini Jamiatul Islamiyah sudah ada di beberapa provinsi di Indonesia dan beberapa negara seperti Brunei Darussalam dan Malaysia. Yang membuat ceramah/tausiah ini istimewa adalah Bpk Dr. KH. Aswin. R. Yusuf berkenan untuk memberikan ceramah yang bertemakan "Agama, Budaya, Perdamaian dan Ekosistem” kepada TNI, Polri, Pemda dan Masyarakat Maluku secara langsung.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo dalam sambutannya mengatakan pada beberapa tahun lalu situasi TNI dan Polri di kota Ambon memang masih buruk dan sering terjadi konflik akan tetapi sekarang ini hubungannya sudah harmonis. Tidak hanya di Ambon saja tetapi juga di seluruh Maluku, hal ini sepatutnya dapat menjadi contoh untuk daerah-daerah lain di Indonesia.

Lebih Lanjut Pangdam menegaskan sholat adalah tiang agama yang dapat membentuk akhlak dan moral dengan baik sehingga dapat menciptakan revolusi mental yang baik pula, melalui tausiyah ini diharapkan dapat membangun hubungan antar sesama umat manusia terutama dapat menumbuhkan iman dan takwa kepada Allah SWT.

Dr. KH. Aswin. R.Yusuf dalam tausiyahnya menyampaikan hidup tanpa didasari dengan Iman dan Taqwa kepada Tuhan YME tidak akan punya arti apa-apa sebab kekayaan dan kebahagiaan di dunia ini hanyalah titipan semata. Berbagai fenomena alam yang terjadi di muka bumi ini hanyalah sebagian kecil dari apa yang Allah SWT perlihatkan kepada umat manusia agar kita selalu ingat kepadaNya.

Ditambahkan, tidak ada ajaran agama di dunia ini mengajarkan kebencian dan permusuhan diantara sesama manusia, kerukunan hidup umat beragama tercermin dalam roh yang diberikan oleh Tuhan melalui kedekatan batiniah sesama manusia.

“Sebelum memasuki persoalan agama, budaya, perdamaian dan ekosistem, saya datang ke sini unutk memberikan pencerahan tentang salah satu langkah yang harus dilakukan agar permasalahan di Maluku dapat selesai, salah satunya dengan program yang dicanangkan Bapak Pangdam yaitu Program Emas Hijau, Emas Biru dan Emas Putih. Saya juga berterima kasih kepada Bapak Pangdam, berkat beliau juga saya berkesempatan bertatap muka dengan masyarakat yang ada di Maluku”, pungkas KH. Aswin

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan piagam dan cinderamata oleh Pangdam XVI/Pattimura kepada Dr. KH. Aswin. R. Yusuf. (Pendam16)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando