KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » Peringati Hari Stroke Sedunia, Lantamal V Gelar Ceramah Tentang Stroke

Peringati Hari Stroke Sedunia, Lantamal V Gelar Ceramah Tentang Stroke

Written By portal komando on 26 Okt 2017 | 12:35 PM



Lantamal V (26/10),--- Dalam rangka memperingati hari stroke sedunia tahun 2017 yang diperingati setiap 29 Oktober, Dinas Kesehatan Pangkalan Utama TNI AL (Diskes Lantamal V) menggelar ceramah tentang “stroke” yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Markas Komando Lantamal V, Kamis (26/10).

Tampak hadir dalam acara tersebut Asisten Personel Danlantamal V Kolonel Laut (KH/W) Tresna Kusumawati, S.Pd, M. AP., sekaligus membuka acara ceramah kesehatan tersebut, para perwira staf, bintara, tamtama dan ASN Lantamal V lainnya.

Tampil sebagai nara sumber yaitu dr. Dian Maria Pia, Sp.S. yang mengusung tema dari peringatan hari stroke sedunia “stroke dapat dicegah, kenali dan cegah faktor risikonya”.

Menurut Dian, Stroke timbul ketika aliran darah menuju otak terhenti baik oleh sumbatan atau perdarahan. Tanpa adanya zat nutrien dan oksigen, sel saraf menjadi rusak dan akhirnya mati. Kerusakan daerah otak tertentu menimbulkan gejala berbeda.

"Anda bisa saja mengalami kesulitan menggerakkan anggota tubuh, berjalan dan berbicara, termasuk perubahan kecepatan berpikir dan persepsi," jelasnya.

Stroke adalah penyebab kecacatan dan kematian nomor satu di Indonesia. Stroke dapat terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia.

Mungkin saja stroke dapat berulang atau baru terjadi pada orang yang Anda kenal dan sayangi tetapi stroke dapat dicegah. "Kita semua ingin terhindar dari stroke. 90 % kasus stroke berhubungan dengan 10 faktor risiko utama," ujar Dian.

Selesai memberikan materi tentang stroke, dr. Dian memberikan kesempatan kepada seluruh hadirin untuk bertanya, hal tersebut dimanfaatkan oleh prajurit dan ASN Lantamal V yabg hadir untuk menanyakan hal hal yang belum di fahami, sehingga diskusi berjalan ramai dan interaktif.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando