Home » » Peringati Hari Sumpah 2017, Lantamal V Kibarkan Bendera Merah Putih di Pantai Pasir Putih Situbondo

Peringati Hari Sumpah 2017, Lantamal V Kibarkan Bendera Merah Putih di Pantai Pasir Putih Situbondo

Written By portal komando on 29 Okt 2017 | 9:51 AM



Lantamal V (28/10),---Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda tahun 2017, Pangkalan Utama TNI AL (Lanamal) V selain di Mako, juga melaksanakan upacara peringatan Haru Sumoah Pemuda dengan mengibarkan bendera merah putih di Pantai Pasir Putih Situbondo, Jaawa Timur, Sabtu (28/10).

Asisten Personel Danlantamal V Kolonel Laut (KH/W) Tresna Kusumawati, S. Pd, M.AP., menjadi Inspektur Upacaranya. Tampak hadir Laksda TNI Agung Pramono, SH, M. Hum., Kadispotmar Lantamal V, Danpuslatpur Baluran, Kasatpolairud Situbondo, Kadis pariwisata Kabupaten Situbondo dan segenap tamu undangan serta Perwakilan dari Forkompinda Kabupaten Situbondo.

Sedangkan pasukan upacara terdiri dari Pramuka Saka Bahari Kabupaten Situbondo sejumlah 150 orang, dan Bahari Diving Club Scout sebanyak 63 penyelam.

Ada yang unik untuk upacara kali ini yaitu para penyelam mengibarkan bendera merah putih dari dasar laut dan dinaikan ke tiang bendera yang sudah terpasang di tengah laut perairan Pasir putih Situbondo oleh para penyelam.

Sebagai petugas penaikan bendera dari bawah laut, adalah Pns Evi Martiningsih dari Lantamal V dan Kapten Adi Junianto dari Lanal Malang. Sedangkan untuk peserta penyelam tertua yaitu Sapari berumur 78 tahun dari Saka Bahari Badik Ponorogo dan peserta selam termuda yaitu M. Sultan Nurudin Ramdhani dari Badik Diving club berusia 14 tahun.

Dalam amanatnya Danlantamal V yang dibacakan oleh Aspers Danlantamal V mengajak seluruh hadirin untuk bersama-sama memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, Allah Subhanahu Wa Ta’ala, karena atas berkat rahmat-Nya kita dapat menghadiri upacara bendera yang dilaksanakan dari dalam laut.

Saka bahari merupakan wadah pembinaan bagi pramuka penegak dan pandega yang menyelenggarakan kegiatan-kegiatan nyata, mermanfaat dan produktif, dalam rangka menanamkan rasa cinta dan menumbuhkan sikap hidup yang berorientasi bahari dengan semangat persatuan dan pembangunan generasi muda khususnya.

Pramuka Saka Bahari yang tergabung dalam kegiatan kemaritiman maka Bahari Diving Scout Club Indonesia Bahari (Penyelam Pramuka Saka bahari) bersama generasi muda penyelan Indonesia memaknai arti sumpah pemuda setiap tanggal 28 Oktober dan memaknai persatuan dan kesatuan bangsa dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka dengan itu pramuka saka bahari bersama pemuda-pemuda lainnya ikut serta ambil bagian dengan cara melaksanakan upacara bendera merah putih di dalam laut.

Saka bahari merupakan salah satu sarana yang efektif untuk menghindari para remaja dari tindak kejahatan, karena selain diberikan kegiatan fisik yang bermanfaat juga diberikan pengetahuan tentang etika keagamaan serta disiplin.

Dengan demikian melalui kegiatan pramuka saka bahari diharapkan dapat terbentuk pribadi generasi muda yang memiliki keterampilan dan semangat membangun serta memiliki budi pekerti yang luhur yang dilandasi nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando