Home » » Posal Galang Lanal Batam Selamatkan ABK dan Muatan Kapal Tenggelam di Perairan Galang

Posal Galang Lanal Batam Selamatkan ABK dan Muatan Kapal Tenggelam di Perairan Galang

Written By portal komando on 30 Okt 2017 | 8:03 AM


PK,.Jakarta, 29 Oktober 2017,-- Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batam tepatnya Pos TNI AL (Posal) Pulau Galang berhasil menyelamatkan ABK dan muatan KM Sumber Bahagia 89 yang tenggelam di Perairan Galang Batam, Jumat (27/10/2017).

Kejadian berawal sekitar pukul 14.00 WIB, KM Sukses Bahagia 89 bertolak dari TanjungPinang dengan muatan barang kelontong dan biji karet dengan tujuan Tanjung Balai Karimun. Pada pukul 17.45 WIB, sesampainya kapal di Perairan Dapur 3 Jembatan 5 Galang Kota Batam pada posisi 00.47.94 N – 104.12.63 E, kapal mengalami kecelakaan karena diterpa arus kencang. Sehingga kapal sulit dikendalikan oleh nahkoda kemudian akhirnya kapal terbalik dan kandas tenggelam.

Komandan Lanal (Danlanl) Batam Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono mengungkapkan begitu mendapat informasi, Posal Galang langsung menuju lokasi dengan menggunakan speed boat untuk menyelamatkan nahkoda dan ABK. Mereka berhasil diselamatkan dan dievakuasi ke speed (28/10) Selain itu, pihaknya juga berjaga dan melakukan pengawasan di sekitar kapal bersama warga, untuk menghindari terjadi penjarahan terhadap muatan kapal. Akhirnya, KM Sukses Bahagia 89 yang mengangkut barang kelontong dan biji karet, beserta awak kapal dan muatannya berhasil diselamatkan semua. Tidak hanya itu, dokumen-dokumen penting kapal pun turut berhasil diselamatkan.

Selanjutnya, Danlanal Batam menyatakan walaupun KM Sukses Bahagia 89 tenggelam, tapi dokumennya bisa diselamatkan. Hal ini merupakan bentuk nyata peran TNI AL dalam menciptakan kondisi aman dan kondusif bagi para pengguna laut sehingga aktifitas dapat berjalan dengan lancar.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando