Home » » Rektor Unhan Selenggarakan acara Pujawali IV dan Doa bersama untuk keselamatan pengungsi Gunung Agung Bali

Rektor Unhan Selenggarakan acara Pujawali IV dan Doa bersama untuk keselamatan pengungsi Gunung Agung Bali

Written By portal komando on 7 Okt 2017 | 5:33 PM

Bogor – Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Dr. I Wayan Midhio, M.Phil beserta Sivitas Akademika Unhan yang beragama Hindu serta keluarga besar Kementerian Pertahanan menyelenggarakan acara Pujawali IV dan Doa bersama untuk keselamatan pengungsi Gunung Agung Bali, beserta masyarakat di wilayah Citeureup dan Cibinong Kab. Bogor, bertempat di Pura Vira Canti Dharma IPSC Sentul – Bogor. Sabtu, (7/10). 
 
Rektor Unhan mengatakan upacara Pujawali ke-IV tersebut bertepatan juga dilaksanakan doa bersama yang ditujukan untuk saudara-saudara yang mengungsi akibat erupsi gunung Agung di Bali. "Jadi essensi dari upacara ini adalah mengingatkan kita kembali bagaimana dunia diciptakan dan rasa terima kasih kita kepada Tuhan YME Sang Hiyang Widiyasa bahwa kita telah diciptakan" paparnya.

Lebih lanjut Rektor Unhan menjelaskan makna dari nama pura Vira Canti Dharma yakni ditempat tersebut tentara Indonesia prajurit TNI, Polri serta masyarakat sipil disiapkan untuk mengemban misi perdamaian dunia, Wira=Pengabdian, Canti=Perdamaian dan Dharma=Kewajiban. "Jadi kewajiban kita adalah untuk menciptakan perdamaian dengan gagah berani. Itulah essensi dari kegiatan yang kita laksanakan hari ini" pungkasnya. 

Acara yang dihadiri pendharmawacana Ketua PHDI Parisadha Hindu Darma Indonesia Pusat Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya (WTB), diawali dengan pemujaan oleh Jero Mangku Gede Nyoman Susila kemudian dilanjut dengan prosesi Purwa Daksina Ngelinggihan Ida Bhatara, menghaturkan banten Pujawali oleh Jero mangku. Di adakan juga Tari Rejang Dewa dan Rejang Renteng yang diiringi oleh gamelan Sekeha Gong Sekar Jepun binaan Rektor Unhan, dan dilanjutkan sembahyang bersama, nunas tirta, bija oleh Jero mangku bersama umat Hindu. Upacara nyineb merupakan akhir dari prosesi puja wali yang akan dilaksanakan sore nanti.(AD)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando