KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » Ruang Praktek SMK Penerbangan Angkasa Bogor Hasil Renovasi Diresmikan

Ruang Praktek SMK Penerbangan Angkasa Bogor Hasil Renovasi Diresmikan

Written By portal komando on 23 Okt 2017 | 6:57 PM



Keterangan gambar: Ketua Yasarini Cabang Lanud Ats Ny. Irwan Is. Dunggio bersama Pembina Yasarini Cabang Lanud Ats yaitu Danlanud Ats, Marsma TNI Irwan Is. Dunggio S.Sos., dan para pejabat Lanud Ats serta Pengurus Yasarini Cabang Lanud Ats, saat meninjau ruang praktek SMK Penerbangan Angkasa Bogor setelah peresmian, didampingi Kepsek SMK Penerbangan Angkasa, Letkol Tek Sri Harijanto, dan Wakasek Bidang Sapras, Letkol Tek Fazri, Senin (23/10).

Lanud Atang Sendjaja, Senin (23/10) Salah satu kebutuh fasilitas pendidikan yang dapat berfungsi untuk meningkatkan mutu belajar para siswa adalah adanya ruang praktek yang disesuaikan dengan program studi yang dimiliki. Hal ini sangat penting apalagi bagi sekolah-sekolah yang berbasis kejuruan seperti Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Demikian halnya dengan SMK Penerbangan Angkasa Lanud Atang Sendjaja Bogor yang berada dalam pengelolaan Yayasan Ardhya Garini (Yasarini).

SMK Penerbangan Angkasa Bogor yang merupakan salah satu lembaga pendidikan dengan menitikberatkan pada teknologi yang berhubungan dengan teknik khusus pesawat, selain beberapa jurusan lainnya, maka penyiapan ruang praktek sesuai standart pendidikan menjadi sebuah kebutuhan yang mendesak. Untuk itu berbagai upaya dilakukan oleh pihak SMK Penerbangan Angkasa Bogor bersama-sama dengan Yasarini Pengurus Cabang Lanud Ats untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Oleh sebab itu, salah satu langkah yang dilakukan adalah merenovasi gedung yang dimiliki SMK Penerbangan Angkasa untuk dijadikan ruang praktek listrik.

Setelah melalui proses renovasi selama 120 hari kerja, hari ini, Senin (23/10), hasil renovasi ruang praktek listrik SMK Penerbangan Angkasa Bogor diresmikan oleh Ketua Yasarini Cabang Lanud Atang Sendjaja, Ny. Irwan Is. Dunggio.

Dalam sambutannya, Ketua Yasarini Cabang Lanud Atang Sendjaja, Ny. Irwan Is. Dunggio mengatakan bahwa Keberhasilan pendidikan dalam proses belajar mengajar tidak akan pernah terlepas dari yang namanya Sarana dan Prasarana pendidikan, sesuai dengan delapan standar nasional pendidikan sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 13 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan.

“Standar Nasional Pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dari konsep diatas jelas dapat kita sepakati bahwa ternyata sarana dan prasarana merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi baik sebagai kelengkapan pendidikan formal maupun nonformal yang sangat dibutuhkan bagi peserta didik untuk mengembangkan potensinya secara optimal”, terang Ny. Irwan Is. Dunggio.

“Dengan dasar tersebut, lanjut Ketua Yasarini Cabang Lanud Ats, kami dari Yasarini Cabang Lanud Ats akan selalu berupaya secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan Sarana Prasarana, baik yang berupa bangunan ataupun alat pembelajaran sesuai dengan kebutuhan Kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah yaitu kurikulum 2006 (KTSP) dan kurikulum 2013 (kurikulum nasional).

Disampaikan pula oleh Ny. Irwan Is. Dunggio bahwa pengembangan dan renovasi ruang praktik sangat dibutuhkan bagi siswa-siswi SMK Penerbangan Angkasa Bogor terkait dengan rencana Yasarini Pusat untuk dapat mengintegrasikan kurikulum SMK Penerbangan dengan pendidikan vokasi di Yasarini sehingga akan menghasilkan lulusan yang siap bekerja dengan memiliki keahlian setara dengan lulusan perguruan. “Harapan saya, dengan ketersediaan ruang praktek listrik ini, dapat dimanfaatkan sebaik mungkin bagi kepentingan peningkatan mutu pendidikan dan kualitas hasil didik SMK Penerbangan Angkasa Bogor”, ungkap Ketua Yasarini Cabang Lanud Ats.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMK Penerbangan Angkasa Bogor, Letkol Tek Sri Harijanto, menyampaikan ungkapan syukur atas selesainya renovasi ruang praktek. “Dengan adanya renovasi ruang praktik ini, pengembangan fasilitas SMK Penerbangan Angkasa Bogor semakin hari semakin baik sehingga ratio antara jumlah fasilitas dengan jumlah siswa sesuai dengan standar pelayanan minimum (SPM) sebuah lembaga pendidikan yang akhirnya tuntutan untuk dapat mengimplementasikan kurikulum smk penerbangan angkasa yang “berbasis kompetensi” dapat diterapkan dengan baik, sehingga pencapaian mutu pendidikan yang berkwalitas dapat kita laksanakan secara bertahap dan berlanjut”.

Hadir dalam acara peresmian hasil renovasi ruang praktek SMK Penerbangan Angkasa Bogor, Komandan Lanud Ats, Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos., sebagai pembina Yasarini Cabang Lanud Ats, para Kadis Lanud Ats, Pengurus Yasarini Cabang Lanud Ats, para Kepala Sekolah di jajaran Yasarini Cabang Lanud Ats, para dewan guru da staf SMK Penerbangan Angkasa Bogor, serta tamu undangan lainnya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando