KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » Saka Wira Kartika Kodim 0731/Kulon Progo Laksanakan PERSAMI.

Saka Wira Kartika Kodim 0731/Kulon Progo Laksanakan PERSAMI.

Written By portal komando on 24 Okt 2017 | 2:39 PM


Yogya Barat. Saka Wira Kartika merupakan wadah kegiatan Pramuka bagi para pelajar setingkat SLTA yang dibentuk oleh TNI AD, sebagai pelaksana pembinaan di wilayah dilaksanakan oleh tiap Kodim. Saka Wira Kartika ini bertujuan untuk menyiapkan generasi muda yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur serta menjadi Warga Negara Indonesia yang berjiwa Pancasila. 
Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan pelajar dari sekolah SLTA di Kulon Progo, yang diawali dengan Upacara Pembukaan di Halaman Makodim 0731.

Sebagai Inspektur Upacara Kasdim 0731/KLP Mayor Inf Ary Susetyo. Dalam Amanat yang dibacakan, Kasdim menyampaikan tentang upaya pembinaan dan pembekalan terhadap Saka Wira Kartika melalui kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu adalah sangat tepat, dimana saat ini merupakan era globalisasi yang semua pengaruh positif maupun negatif dapat diakses langsung melalui teknologi dan informasi. 
 
Oleh karena itu agar tidak terpengaruh oleh dampak negatif dari arus globalisasi, maka harus dimulai dari membangun dan membina sumber daya manusia, khususnya kepada segenap Anggota Saka Wira Kartika, sehingga dapat menjadi insan yang tangguh dan dapat memiliki keunggulan komparatif yang dapat mengangkat kehormatan, integritas dan jatidiri bangsa. 

Ada 5 Krida yang diajarkan dalam pembinaan Saka Wira Kartika, yaitu Krida Navigasi Darat, Krida Mounteneering, Krida Pioneering, Krida Penanggulangan Bencana Alam dan Krida Survival. Setelah Anggota Saka mengetahui dan mempelajari krida-krida tersebut, diharapkan memiliki keterampilan dan mampu melaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. 
 
Di samping itu kegiatan Persami Saka Wira Kartika merupakan salah satu implementasi dan upaya konkret dari TNI dalam memberdayakan wilayah pertahanan dengan kegiatan kepramukaan, selanjutnya diharapkan kegiatan ini mampu mendukung upaya pertahanan negara dan keberadaan TNI AD khususnya sebagai komponen utama dalam sistem pertahanan negara. (NSR/bang natsir).
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando