KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » Semarak Kemeriahan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia di Maluku

Semarak Kemeriahan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia di Maluku

Written By portal komando on 6 Okt 2017 | 5:14 PM


Ambon, (05/10) Tentara Nasional Indonesia yang ada di Maluku hari ini menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun TNI yang ke -72 tahun 2017 yang berlangsung di Lapangan Merdeka, Jln. Slamet Riyadi, Kec Sirimau, Kota Ambon dengan mengusung tema “Bersama Rakyat TNI Kuat”.

Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Tri Soewandono bertindak sebagai Inspektur Upacara dan Danyonmarhanlan IX Letkol Marinir Teguh Santoso selaku Komandan Upacara. Tidak Hanya jajaran TNI dari tiga angkatan (TNI AD, TNI AL dan TNI AU), upacara ini diikuti oleh Brimob Polda Maluku, Satpol P.P, Tagana, ASN dan siswa-siswi SMA se kota Ambon.

Panglima TNI, Jendral TNI Gatot Nurmanyto dalam amanat yang dibacakan oleh Kasdam mengatakan sebagai komponen utama pertahanan negara, Beliau berharap semoga apa yang ditampilkan dalam rangkaian upacara kali ini, dapat memberikan gambaran yang utuh tentang pembangunan kekuatan dan profesi sebagai prajurit TNI sehingga bisa menumbuhkan kecintaan dan kebanggan kepada Rakyat Indonesia terhadap TNI.

Lebih Lanjut Panglima TNI menyampaikan Penyelenggaraan HUT TNI pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggung jawaban kepada rakyat atas pembangunan kekuatan yang telah dan sedang dilaksanakan khususnya pada tahun anggaran 2017, oleh karena itu tema pokok pada kegiatan hari ulang tahun TNI yang ke 72 ini adalah “Bersama Rakyat TNI Kuat “. Makna yang terkandung di dalam tema terserbut adalah TNI tumbuh dan berkembang serta berjuang bersama rakyat inilah sisi ciri kesetiaan TNI yang tidak boleh pudar ditengah-tengah arus globalisasi yang terus bergerak secara dinamis dan berkembang, kejadian tersebut harus terus ditumbuhkembangkan dan dijelaskan dengan pola pikir kehidupan masyrakat yang semakin modern sehingga kita akan tetap terbangun sebagai pokok karena bersama rakyat TNI kuat.

Panglima TNI mengatakan, kekuatan TNI yang terbesar adalah bersandar kepada Rakyat merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta bela negara kedekatan dan kepercayaan oleh rakyat adalah inti dari kekuatan atau Center of Gravity dari sistem pertahanan semesta yang kita anut selama ini, terus memberikan sumbangsih kepada bangsa dan negara baik melalui operasi militer untuk perang maupun operasi militer selain perang khususnya dan tugas tersebut merupakan refleksi persetasi optimal yang dipersembahkan TNI kepada rakyat Indonesia.

Panglima TNI berpesan kepada seluruh Prajurit TNI dalam amanatnya, pegang teguh sapta marga, sumpah prajurit dan 8 wajib TNI sehingga TNI dapat terus berkarya, lebih maju dan disegani dimata Dunia.

Acara tambahan pada peringatan HUT TNI ke -72 di Maluku adalah pemusnahan senjata yang merupakan perolehan dari penyerahan Masyarakat dan Ops Pamrahwan Maluku yang dimulai tahun 2002-2017. Pada Tahun 2007 pacsa konlik memperoleh cukup banyak prolehan senjata baik Organik dan Rakitan. Namun di Tahun 2017 juga merupakan prestasi yang membanggakan dengan perolehan yang hampir menyamai di tahun 2007. Hal ini serta merta karena masyarakat yang merasa aman dan kondusif berkat Kodam XVI/Pattimura yang terus berupaya menjaga serta membantu masyarakat, salah satunya dengan pembinaan teritorial dan kesejahteraan (Program emas Hijau dan Biru).

Tidak lupa juga dalam peringatan HUT TNI ke -72 ini menampilkan penampilan bela diri Yongmoodo, kolone senapan gabungan TNI-Polri dan sosio Drama Kolosal Rindam XVI/Pattimura yang berjudul “Perjuangan di Pulau Banda, Timur Indonesia,”. Berdasarkan pantuan di lapangan, Masyarakat Ambon sangat antusias menyaksikan Peringatan HUT TNI ke -72 yang berlangsung di Lapangan Merdeka ini. Acara ditutup dengan defile bersenjata seluruh Prajurit TNI/Polri, ASN, Brimob Maluku, Satpol P.P, Tagana, ASN, Tagana, siswa-siswi SMA se kota Ambon dan Ranpur Khusus TNI. Tidak lupa juga kendaran Emas hijau dan Emas biru mewakili program unggulan Kodam XVI/Pattimura yang telah membawa Maluku menuju perubahan. 
 
Kendaraan Emas Hijau yang bertuliskan “Mari Kita Kembalikan Kejayaan Rempah-Rempah Maluku” dan kendaraan emas biru bertulisakan “Mari sama-sama Katong Makan Ikan”. Ini pertama kalinya dipertontonkan kepada masyarakat yang ada di Maluku. Tak lupa defile oleh Pangkalan ojek dan becak se kota Ambon. Perayaan HUT TNI ke -72 di Maluku berlangsung sangat meriah dan hal ini menunjukkan kecintaan Rakyat kepada TNI sangat besar di Maluku. Dirgahayu TNI ke -72, Bersama Rakyat TNI Kuat. (Pendam16)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando