KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » Tingkatkan Kemampuan Babinsa Beternak Kambing Dilokasi TMMD

Tingkatkan Kemampuan Babinsa Beternak Kambing Dilokasi TMMD

Written By portal komando on 6 Okt 2017 | 4:33 PM



Brebes, Serda Anang Jatmiko dan Serda Sudirman beserta rekan lainnya yang tergabung dalam Tim Satgas TMMD menyempatkan diri untuk menimba ilmu pengetahuan tentang cara beternak kambing dengan harapan suatu saat dapat menciptakan lapangan kerja yang baru dengan berinfestasi beternak kambing/domba. Banjarharjo, Senin (2/10).

Para Babinsa tersebut menyambangi ternak domba milik Bapak Danto (35) warga Dukuh Kopi Desa Cikuya yang mempunya 11 ekor domba dan 25 ekor ayam kampung. Peninjauan tersebut dilakukan disela kesibukan kerja TMMD untuk dijadikan sebagai pedoman, menimba ilmu maupun bahan perbandingan tentang bagaimana cara beternak kambing maupun ayam. Menurut Anang “Menyenangkan dapat menambah penghasilan ya Pak Danto, sekaligus sebagai hiburan”. Lebih lanjut Anang menyampaikan bahwa, Bapak Danto tersebut masih sangat membutuhkan penyuluhan peternakan dari Dinas Peternakan Kabupaten Brebes agar ternaknya lebih sehat sehingga hasilnya lebih maksimal.

Penuturan Bapak Danto yang mengharapkan pembinaan intensif dari Dinas Peternakan Kab. Brebes melalui Dispertanak Kec. Banjarharjo untuk terus menggeluti ternak kambing milknya sehingga lebih maju dan menjadi peternakan. Dantu ingin belajar dari mulai kandang dan jenis pakan tambahan yang baik sebagai contoh makanan tambahan yang dibuat khusu secara fermentasi ingin dia pelajari. Danto selama ini belum memvaksin kambingnya secara rutin setiap empat bulan sekali karena keterbatasan ilmu dan masih beternak sederhana, namun dirinya memberikan jamu rahasia racikannya sendiri agar kambing tahan terhadap serangan penyakit. “Selain hobi, ternak kami ini pun dapat menghasilkan uang Pak, kambing yang sudah cukup umur dapat dijual dan uangnya dipakai untuk keperluan keluarga”.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kopda Agung B yang membantu secara langsung penggembalaan dan mencari pakan ternak kambing milik Bapak Rusmita (59) dan Ibu Aang (51), ilmu peternakan ini terlebih dalam konteks pertanian terpadu, merupakan bekal untuk membina kewilayahan sehingga dapat menambah penghasilan. Harapanya adalah untuk membantu masyarakat desa lainnya dengan menularkan ilmu beternak kambing yang didapat para Babinsa guna menciptakan sumber pendapatan baru bahkan menciptakan lapangan kerja yang baru (peternakan modern) beternak kambing maupun beternak ayam kampung yang baik. Lanjut Agung, dengan menerapkan ilmu beternak ini secara pribadi tentunya akan dapat dijadikan contoh maupun bukti pada saat melakukan pembinaan kepada masyarakat di desa binaanya nanti". (Aan/red).
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando