PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » TMMD 100 Kodim 0713 Brebes Juga Bangun Mental Kebangsaan

TMMD 100 Kodim 0713 Brebes Juga Bangun Mental Kebangsaan

Written By portal komando on 7 Okt 2017 | 5:57 PM



Brebes, Selain mendorong percepatan pembangunan daerah, program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 100 Kodim 0713 Brebes juga dapat meningkatkan wawasan kebangsaan warga desa. Kamis(05/10/2017).

Ini terbukti dari program TMMD 100 yang akan dibangunkan jalan lintas kecamatan di Kabupaten Brebes. akan terhubung dengan jalan yang laik sepanjang 1,2 kilometer.

Program TMMD sendiri merupakan program lintas sektoral yang penyelengaraannya melibatkan beberapa lembaga secara terintegrasi. Sesuai dengan semangat dan konsepsi ekonomi daerah sebagai alternatif Pemda untuk mempercepat proses pembangunan dan sebagai wujud kepedulian TNI terhadap kesulitan masyarakat yang berada di wilayah Kodim 0713/Brebes.

TMMD ke-100 sebagai bagian dari bhakti TNI yang bertujuan untuk membantu Pemda dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan yang bersifat Fisik dan non Fisik. Di sisi lain juga untuk memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat dalam rangka menyiapkan ruang juang dan kondisi juang yang tangguh.

Sasaran TMMD ke-100 ini meliputi dua desa di wilayah Kodim 0713/Brebes yaitu Desa Cikuya Kabupaten Purwakarta. Sasaran fisik seperti yang diharapkan adalah pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana yang diperlukan terutama fasilitas jalan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat tersebut.

Dandim 0713/Brebes, Letkol Inf. Ahmad Hadi Hariono mengatakan personel Kodim 0713/Brebes bersama anggota Polri, Pemda dan masyarakat melaksanakan pembangunan fisik berupa pembangunan jalan di Desa Cikuya.

“Adapun sasaran non fisik berupa sosialisasi tentang wawasan kebangsaan dan hukum, sosialisasi tentang pertanian, penyuluhan kesehatan dan pengobatan massal bagi masyarakat di desa yang menjadi sasaran kegiatan TMMD ke-100,” tutur Dandim, Kamis (05/10/2017) di Brebes.

Masyarakat telah mendapatkan pencerahan mengenai wawasan kebangsaan, wawasan hukum serta upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat. Sehingga diharapkan kedepan masyarakat akan memiliki kesadaran terhadap bela negara dan pemahaman tentang hukum serta meningkatkan kualitas hidup untuk menuju masyarakat yang lebih sejahtera. Selain itu pemahaman tentang akibat yang ditimbulkan bencana alam dan bagaimana mengatasinya juga disampaikan kepada masyarakat desa.

Dengan pencapaian sasaran tersebut akan didapatkan ketahanan wilayah yang tangguh dalam menghadapi setiap permasalahan bangsa, untuk mewujudkan kondisi sosial masyarakat yang kondusif bagi kesinambungan pembangunan nasional.

“Dalam kegiatan TMMD ke-100 kebersamaan antara TNI dan rakyat tetap dipelihara sehingga tercipta hubungan emosional yang harmonis, dengan menjunjung tinggi toleransi dan hubungan kekeluargaan,” papar Dandim.

Melalui TMMD 100 diharapkan prajurit TNI dan Polri di wilayah Kabupaten Brbes dapat merasakan dan mengetahui denyut nadi aspirasi masyarakat. Sehingga prajurit semakin peka dan tanggap terhadap permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Kebersamaan TNI-rakyat pada hakikatnya tidak dapat dipisahkan, karena TNI berasal dari rakyat, berjuang untuk rakyat dan pada suatu saat pasti akan kembali menjadi rakyat.

“Oleh karena itu, sangat diperlukan peneguhan kembali semangat kemanunggalan TNI-rakyat dalam bentuk kegiatan bersama,” pungkas Ahmad Hadi Hariono.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando