KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » TMMD KODIM NGAWI GENCAR LAKUKAN PENYULUHAN PERTANIAN.

TMMD KODIM NGAWI GENCAR LAKUKAN PENYULUHAN PERTANIAN.

Written By portal komando on 6 Okt 2017 | 12:09 PM


Ngawi,  - Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0805 Ngawi yang dipusatkan di Wilayah Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi kembali melaksanakan program non fisik yakni Penyuluhan Pertanian dan Perkebunan. Penyuluhan kali ini dilaksanakan di Balai Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi. Kamis malam (5/10/2017).

Kegiatan ini tidak terlepas dari kondisi wilayah Ngawi yang merupakan daerah agraris sehingga pihak Dinas Pertanian bersama Kodim 0805 Ngawi sengaja melakukan penyuluhan pertanian guna mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan. 

Kepala Seksi Perlindungan Tanaman Pangan (Kasi Perlintan) Dinas Pertanian Kabupaten Ngawi, Bpk. Kastam S.P selaku pemateri ketika dikonfirmasi mengatakan, tugas pokok penyuluh pertanian adalah menyuluh, selanjutnya dalam menyuluh dapat dibagi menjadi menyiapkan, melaksanakan, mengembangkan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan penyuluhan.

Lebih lanjut dijelaskan tujuan penyuluhan pertanian mencakup tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Tujuan penyuluhan jangka pendek yaitu menumbuhkan perubahan-perubahan dalam diri petani yang mencakup tingkat pengetahuan, kecakapan, kemampuan, sikap, dan motivasi petani terhadap kegiatan usaha tani yang dilakukan.

Pada kesempatan tersebut Kastam juga menyampaikan tentang penggunaan dosis pestisida yang tepat dengan harapan hama dan penyakit tanaman dapat dikendalikan. Penggunaan pestisida dalam konsep penanganan hama terpadu (PHT) merupakan rekomendasi terakhir. Dalam konsep PHT, penggunaan pestisida harus memenuhi enam tepat : yaitu tepat sasaran, tepat mutu, tepat jenis pestisida, tepat waktu, tepat dosis atau konsentrasi, dan tepat cara penggunaan.

Usai memberikan penyuluhan, Dinas pertanian Kabupaten Ngawi kembali membagikan obat semprot hama dan benih padi organik serta pupuk organik secara gratis kepada para petani desa Karanganyar. (Dim 0805/Ngw).
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando