PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » TMMD Sengkuyung Tahap III Kodim 0703/Cilacap Berikan Penyuluhan Pemanfaatan Limbah Sampah Kepada Masyarakat

TMMD Sengkuyung Tahap III Kodim 0703/Cilacap Berikan Penyuluhan Pemanfaatan Limbah Sampah Kepada Masyarakat

Written By portal komando on 12 Okt 2017 | 8:18 PM


Cilacap - Selain sasaran fisik program TMMD Sengkuyung Tahap III Kodim 0703/Cilacap, sasaran lainnya yakni kegiatan non fisik, sasaran warga masyarakat Desa Bulupayung. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cilacap melalui Kasi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Crishna Setyowati, memberikan penyuluhan tentang pemanfaatan limbah sampah kepada Ibu-ibu PKK Desa Bulupayung bertempat di Balai Desa Bulupayung Kecamatan Patimuan Cilacap, Kamis (12/10).

Penyuluhan ini menjadi salah satu kegiatan non fisik yang diberikan kepada warga masyarakat Desa Bulupayung, karena sebagian besar warga masyarakat setempat belum mendapatkan pengetahuan tentang pemanfaatan limbah sampah. Visi yang bawa dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap ini yakni, terwujudnya Desa yang bersih, sehat, makmur dan lingkungan lestari. 

Menurut Crishna Setyowati, pemberian penyuluhan tentang pemanfaatan limbah sampah serta pelatihan pengolahan saat ini dilakukan guna menghidupkan kembali PKK dan Dasa wisma dilingkungan Desa Bulupayung, serta menyediakan wadah kreatifitas untuk warga desa tersebut.
 
" Dengan penyuluhan ini diharapkan warga Desa Bulupayung mampu mengolah limbah sampah menjadi barang yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, sehingga dampaknya akan menambah penghasilan keluarga." terang Crishna Setyowati.

Lanjut Crishna, Penyuluhan serta pelatihan ini nantinya untuk memberikan gambaran kepada warga masyarakat bahwa sampah bukanlah hal yang tidak bermanfaat, bila kita mengerti pemanfaatannya. Sampah organik bisa kita olah menjadi pupuk sedangkan sampah non organik bisa kita olah kembali menjadi barang yang bisa dipakai. Jadikan Bank Sampah sebagai kegiatan yang menguntungkan." imbuh Crishna Kasi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Kabupaten Cilacap. 

Ibu-ibu PKK dari Desa Bulupayung sangat antusias mengikuti kegiatan ini terbukti dari beberapa penjelasan saja, mereka bisa menerima serta mempraktekan pemanfaatan limbah sampah untuk dijadikan barang yang bernilai ekonomis seperti, tatakan gelas dan bunga kertas. Selain hasil tangan dari ibu-ibu PKK Desa Bulupayung, ada juga beberapa contoh lainnya pemanfaatan limbah sampah yang bisa dijual kembali seperti tas tangan, tempat gelas, tutup gelas, dompet, Sarung Bantal dan lain sebagainya. (Pendim0703.Clp)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando