KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » Wadan Pasmar-1 Hadiri Peringatan HUT Ke-72 TNI Di Kodam V/Brw

Wadan Pasmar-1 Hadiri Peringatan HUT Ke-72 TNI Di Kodam V/Brw

Written By portal komando on 6 Okt 2017 | 12:38 PM



SURABAYA,.Wakil Komandan (Wadan) Pasmar-1 Kolonel Marinir Siswoto, mewakili Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Lukman, S.T., M.Si (Han), menghadiri upacara peringatan HUT ke-72 TNI tahun 2017 di Lapangan Kodam V/Brawijaya,Surabaya, Kamis (05/10/2017).

Pada upacara peringatan HUT ke-72 TNI tahun 2017 ini, bertindak selaku Inspektur Upacara Kasdam V/Brawijaya Brigadir Jenderal TNI Widodo Iryansyah, S. Sos, M.M., yang juga dihadiri Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo, S.H., M.Hum, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Drs. Machfud Arifin, S.H., Kasgartap III Surabaya Brigjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, Kasarmatim Laksamana Pertama TNI Robert W. Tappangan, S.H., dan para pejabat TNI wilayah Jawa Timur lainnya tersebut yang bertemakan, “Bersama Rakyat TNI Kuat".

Dalam amanatnya, Panglima TNI mengucapkan “Selamat Ulang Tahun” dan “Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia”, yang kita cintai dan banggakan bersama, kepada seluruh Prajurit dan ASN dimanapun saat ini bertugas dan berada.

Penyelenggaraan HUT TNI pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dan sedang dilaksanakan, khususnya pada tahun anggaran 2017.Oleh karena itu, tema pokok pada kegiatan HUT ke-72 ini adalah “Bersama Rakyat TNI Kuat”.

Makna yang terkandung di dalam tema tersebut adalah, TNI tumbuh dan berkembang, serta berjuang bersama rakyat. Inilah esensi ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar ditengah-tengah arus globalisasi, yang terus bergerak secara dinamis.

Kesejatian tersebut harus terus ditumbuhkembangkan dan diselaras-serasikan dengan pola pikir kehidupan masyarakat yang semakin modern, sehingga kecintaan akan tetap terbangun sebagai modal pokok, karena bersama rakyat TNI kuat dalam menjaga dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kekuatan TNI yang bersandar kepada rakyat, merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta bela negara. Kedekatan dan kebersamaan TNI-Rakyat adalah inti dan pusat kekuatan (centre of gravity) dari Sistem Pertahanan Semesta yang kita anut.

Selama ini TNI telah dan akan terus memberikan sumbangsihnya kepada bangsa dan negara baik melalui Operasi Militer untuk Perang (OMP) ataupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP), berbagai tugas telah dilakukan oleh prajurit TNI dengan baik yang melebihi panggilan tugas.

Selain pelaksanaan Upacara Parade dan Defile Pasukan serta Kendaraan Tempur TNI, pada kesempatan ini juga dilaksanakan demo bela diri, drama kolosal yang menceritakan pertempuran Arek-arek Suroboyo melawan Tentara Sekutu pimpinan Jenderal Malaby. Selanjutnya, juga dilaksanakan syukuran dari setiap angkatan dengan melaksanakan potong tumpeng yang diserahkan kepada prajurit TNI yang berprestasi dari masing-masing matra yang salah satunya prajurit Marinir dari Brigif-1 Mar Pasmar-1 atas nama Serka Mar Eri Subiyasno yang berprestasi dibidang olahraga yaitu Tinju.

Panitia juga mendatangkan 1000 rombong makanan khas Jatim yang bisa dinikmati oleh TNI dan Masyarakat yang datang pada acara Puncak peringatan HUT ke 72 TNI di Kodam V Brawijaya. Diakhir kegiatan, para prajurit dan masyarakat juga di hibur dengan panggung hiburan bersama artis-artis lokal Jawa Timur.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando