KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » 272 Keramba Emas Biru Kodam Pattimura Tersebar di Perairan Laut Maluku dan Malut

272 Keramba Emas Biru Kodam Pattimura Tersebar di Perairan Laut Maluku dan Malut

Written By portal komando on 7 Nov 2017 | 8:32 PM



PK,.Ambon (7/11) – Program Emas Biru Kodam XVI/Pattimura yang digagas oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo 2 tahun silam kini semakin mencapai peningkatan yang sangat luar biasa. Program ini memanfaatkan sektor perairan laut sebagai budiadaya ikan yang saat ini telah tersebar di wilayah Maluku dan Maluku Utara.

Program Emas biru ini menggunakan keramba sebagai tempat budidaya ikan. Keramba yang yang dimanfaatkan dalam budidaya ini antara lain Keramba Jaring Apung, Keramba Jaring Tancap dan Keramba Darat.

Dari data yang dihimpun Sterdam XVI/Pattimura, Keramba Jaring Apung (KJA) lebih banyak digunakan. Keramba yang digunakan di SUPM dikelolah oleh beberapa kelompok antara lain; Denmadam XVI/Ptm 5 unit yang terdiri dari 40 kotak, Yonif 733/R , Ds. Kate-Kate , Ds. Waheru dan Sterdam XVI/Ptm masing-masing 1 unit dengan 8 kotak, serta Tim Emas Biru mengelolah 2 unit yang terdiri dari 16 kotak.

Sementara itu, Keramba Jaring Apung yang terdapat di Poka dikelolah oleh Denkav-5/BLC dan Denzipur-5/CMG yang masing- masing mengelolah 1 unit yang terdiri dari 8 kotak.

Keramba Jaring Apung yang terdapat di Maluku tengah tersebar dibeberapa tempat antara lain Ds. Mamala 1 unit yang terdiri dari 8 kotak, Ds. Seith 1 unit yang dibagi dalam 8 kotak, Ds. Negeri Lima 1 unit terdiri dari 6 kotak, dan Pulau Pombo (Ds. Kailolo) 4 unit dengan 32 kotak.

Untuk Keramba Jaring Apung yang terdapat di SBB (Pelita Jaya), dikelolah oleh Tim Emas Biru dengan memanfaatkan 4 unit keramba yang dibagi dalam 16 kotak. Selanjutnya di Tual, dibuat 2 unit keramba yang bisa dijumpai di Desa Samang.

Di maluku Utara, juga terdapat 2 unit Keramba Jaring Apung dengan 16 kotak. Keramba ini terletak di Desa Waisum ( Sanana). Untuk wilayah MBD tepatnya di Pulau Lirang terdapat 4 unit Keramba Jaring Apung yang terdiri dari 34 kotak.

Disamping Keramba Jaring Apung, juga dikolah Keramba Jaring Tancap (KJT) yang tersebar dibeberapa tempat antara lain, di Pulau Manipa terdapat di Desa Luhutubang dan Desa Amanjaya yang masing – masing memanfaatkan 1 unit. Di SBB (Pelita Jaya) banyak dibangun Keramba Jaring Tancap yang dikelolah Tim Emas Biru yang terdiri dari 14 unit. Sementara untuk wilayah Maluku Utara hanya terdapat 1 unit Keramba Jaring Tancap yang berada Ds. Waisum (Sanana)

Untuk Keramba Darat semantara ada 1 unit di daerah Maluku tengah tepatnya di Desa Morela. Pemanfaatan keramba untuk budidaya ikan sangat membantu masyarakat dalam mengelolah dan membudidayakan ikan.

Sementara untuk ikan yang telah disalurkan mencapai 67.830 ekor dari berbagai jenis ikan kerapu, ikan kakap putih dan ikan bubara.(Pendam16)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando