Home » » Asops Danpasmar-1 Pimpin Apel Kesiapan Satgas SRCPB Pasmar-1

Asops Danpasmar-1 Pimpin Apel Kesiapan Satgas SRCPB Pasmar-1

Written By portal komando on 30 Nov 2017 | 1:04 PM



PK,.SURABAYA,.Asops Danpasmar-1 Kolonel Marinir Nanang Saefulloh pimpin apel kesiapan Satgas SRCPB (Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana) Pasmar-1, dilapangan apel Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra, Karangpilang, Surabaya, Kamis (30/11/2017).

Apel kesiapan Satgas SRCPB ini diikuti ratusan prajurit Pasmar-1 yang dipimpin Danyonkes-1 Mar Letkol Laut (K) Bachtiar Effendi, Sp.KG., M.Tr Hanla selaku Dansatgas SRCPB Marinir yang terdiri dari gabungan Satuan pelaksana di jajaran Pasmar-1 yang disiapkan untuk penanggulangan bencana alam apapun, seperti korban erupsi gunung berapi, penanggulangan bencana banjir, tanah longsor dan bencana alam lainnya.

Dalam arahannya, Asops Danpasmar-1 mengatakan dibentuknya satgas ini adalah untuk mengecek kesiapan dalam rangka melaksanakan tugas penanggulangan bencana alam yang terjadi di wilayah Indonesia, akibat perubahan iklim dan pergerakan lempengan bumi. Untuk itu, kepada seluruh personel yang terlibat dalam apel kesiapan satgas SRCPB ini agar mempersiapkan diri serta mempelajari tugasnya masing-masing, bila sewaktu-waktu ada panggilan tugas Satgas SRCPB personel sudah siap mental dan fisik serta senantiasa dapat memelihara peralatan yang dipertanggungjawabkan, karena bencana alam biasanya tidak memilih waktu dan tidak memberikan peringatan awal kepada kita, sudah barang tentu segala tindakan kita harus selalu berpedoman pada Undang-Undang dan peraturan yang berlaku di negara kita”, tegasnya.

“Dengan terbentuknya satgas SRCPB ini yang terdiri dari berbagai macam unsur yaitu unsur pengamanan/evakuasi pengungsi, logistik (dapur lapangan), kesehatan lapangan, tim Transportasi darat laut dan unsur pembangunan, diharapkan dapat membantu menanggulangi berbagai bencana yang terjadi di tanah air”, ujarnya.

Sebelum mengakhiri arahannya, Asops Danpasmar-1 menyampaikan beberapa penekanan yang harus dipedomani oleh seluruh prajurit dalam melaksanakan tugasnya yaitu : Pertama, Laksanakan setiap tugas dan kegiatan secara professional sebagai cermin kualitas dan integritas prajurit TNI. Kedua, pelihara dan tegakan disiplin dalam setiap tindakan dimanapun berada dan bertugas. Ketiga, Jaga dan tingkatkan terus semangat pengabdian guna mencapai keberhasilan pelaksanaan tugas. Keempat, Laksanakan selalu koordinasi dan kerja sama dengan semua pihak yang terkait dalam penugasan dengan sebaik-baiknya. Kelima, Jaga nama baik TNI dan Negara dengan menghindari segala tindakan yang menyimpang dari peraturan yang berlaku.

Hadir dalam apel kesiapan tersebut, Pabanren Sops Pasmar-1 Letkol Marinir Kusyuwono, Pabanopslat Sops Pasmar-1 Letkol Marinir Rivelson Saragih, Pasops Brigif-1 Mar Letkol Marinir Bakti Dasasasi Penanggungan, S.E, Pasops Menbanpur-1 Mar Letkol Marinir Darwin Tambunan dan Pasops Menart-1 Mar Letkol Marinir Gunawan Tri Utomo.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando