Home » » Bakesbangpol Jember Adakan Pelatihan Kader Bela Negara di Yonif Raider 509 Kostrad

Bakesbangpol Jember Adakan Pelatihan Kader Bela Negara di Yonif Raider 509 Kostrad

Written By portal komando on 9 Nov 2017 | 6:27 PM


PK,.(Penkostrad. Kamis, 9 November 2017). Pembangunan Nasional di era-globalisasi ini tentu menemui banyak tantangan, dalam menghadapinya pemerintah terus menekankan untuk senantiasa menanamkan wawasan kebangsaan, agar dapat menangkal ancaman-ancaman yang mungkin timbul dan dapat menghambat kemajuan bangsa.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui Bela Negara, dengan menanamkan sikap dan perilaku yang di jiwai oleh kecintaan terhadap NKRI dan selalu berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 dalam hidup berbangsa dan bernegara. Untuk itulah peranan Pemkab Jember, Bakesbangpol dan Yonif Raider 509/BY Kostrad melalui  Pelatihan Kader Bela Negara Gelombang ke-V Tahun 2017 untuk membentuk warga lebih mencintai tanah air indonesia.

Sejumlah 150 peserta telah mengikuti kegiatan pelatihan ini yang dibuka pada hari Jumat 3 November 2017 dan berakhir pada 5 November 2017 di Mayonif Raider 509/BY Kostrad, Kec. Sumbersari Kab.  Jember. Peserta pelatihan ini, seluruhnya adalah guru perwakilan dari masing-masing sekolah yang ada di wilayah Jember.

Dalam pelatihan ini, beberapa materi yang disampaikan kepada peserta, diantaranya Cinta Tanah Air, Tataran Dasar Bela Negara, Deradikalisasi Perspektif Kamtibmas, Pembangunan Karakter Bangsa, Peran Pemuda Dalam Lingkungan dan Negara, Pancasila sebagai Ideologi Negara dan Out Bond.

Selaku peserta, Sari Sitaresmi Arthadaya, SE. Guru perwakilan dari SMK Kartini Jember menuturkan jika dirinya dengan semangat mengikuti kegiatan ini. Dimana disebutkannya bahwa mengikuti pelatihan Kader Bela Negara ini bisa menambah Wawasan Kebangsaan walaupun secara singkat waktu selama  tiga hari.

Kepala Bakesbangpol Jember Drs.Suprapto mengatakan, Bahwa seluruh peserta harus tergerak dan bergerak sesuai ladang tempat pengabdiannya masing-masing. Upaya untuk Bela Negara dapat dilakukan oleh seluruh Warga Negara Indonesia sesuai profesinya, termasuk di dalamnya Guru pengajar yang akan menjadi contoh di sekolahnya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando