Home » » Dandenpomal Kodiklatal Lepas Prajurit Purna Tugas Dengan Tradisi Unik

Dandenpomal Kodiklatal Lepas Prajurit Purna Tugas Dengan Tradisi Unik

Written By portal komando on 29 Nov 2017 | 2:12 PM


PK,.SURABAYA,.Kodiklatal, (29/11). Pelepasan prajurit yang purna tugas di Detasemen Polisi Militer (Denpomal) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan (Kodiklatal) ini terasa unik, pasalnya Komandan Denpomal Kodiklatal Letkol Laut (PM) Totok Safaryanto, S.H dalam melepas prajurit yang purna tugas Peltu Pom Budi. S tersebut menggunakan becak hias sekaligus mengayuh mulai halaman kantor Denpomal hingga Pintu gerbang Pos I kesatrian Bumimoro Kodiklatal.

Sebelum prosesi pelepasan diawali dengan pembukaan, sambutan Dandenpomal Kodiklatal, kesan dan Pesan Peltu Pom Budi. S, penyerahan cindera mata dari Dandenpomal, Doa, ramah tamah, penutup dan diakhiri tradisi prosesi pelepasan.

Dandenpomal Kodiklatal Letkol Laut (PM) Totok Safaryanto, S.H dalam sambutanya menyampaikan bahwa upacara dan prosesi pelepasan purna tugas ini merupakan bentuk penghormatan dan apresiasi dari pemimpin TNI AL khususnya Denpomal Kodiklatal kepada prajuritnya atas darma bakti, dedikasi, loyalitas dan kinerja selama menjadi prajurit TNI khususnya TNI AL.

Menurutnya purna tugas atau pensiun adalah suatu proses alami yang akan dihadapi semua prajurit TNI AL, yang merupakan bentuk peralihan pola kehidupan dari pola kehidupan militer menjadi pola kehidupan sipil sebagai masyarakat biasa.

Adapun penghormatan tersebut dilandasi dengan kesadaran yang tulus akan dedikasi, loyalitas dan opengabdian tanpa pamrih yang telah disumbangkan oleh setiap prajurit bagi kemajuan dan kejayaan TNI AL, Bangsa dan Negara.

Kepada prajurit yang purna tugas Dandenpomal Kodiklatal berpesan selepas kedinasan agar prajurit selalu menjaga nama baik TNI/TNI AL dan berharap untuk mengaplikasikan hal-hal positif selama berdinas kedalam kehidupan bermasyarakat, menjadi contoh dan tauladan di lingkungan masyarakat dimanapun berada.

“Saat masuk menjadi prajurit TNI AL para prajurit diantar oleh orang tua dan saudara, begitu juga saat purna tugas, kami segenap Parjurit Denpomal Kodiklatal akan melepas hingga pintu kesatrian Kodiklatal,”jelas Pamen melati dua dipundak tersebut.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando