Home » » Dandim 0710 Pekalongan Hadiri Upacara Peringatan Hari Guru Nasional Dan PGRI Ke 72

Dandim 0710 Pekalongan Hadiri Upacara Peringatan Hari Guru Nasional Dan PGRI Ke 72

Written By portal komando on 25 Nov 2017 | 10:25 AM

 
PK,.Pekalongan - Bertempat dilapangan Mataram kota Pekalongan, telah dilaksanakan Upacara memperingati hari Guru Nasional dan PGRI ke 72. Dengan  Tema " MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KETELADANAN GURU " yang diikuti kurang lebih 500 peserta upacara,pada Sabtu (25/11)

Hadir dalam upacara, Wali Kota Pekalongan, Ketua DPRD kota Pekalongan, Dandim 0710/ Pekalongan Letkol Inf Muhammad Ridha,S.S, S.IP. Kapolresta diwakili Kabag Renc. Kompol Zurianto, Kejaksaan Negeri kota Pekalongan. Diwakili bpk Edi, FKPD kota Pekalongan serta tamu Undangan.

Dalam amanatnya Wali Kota Pekalongan menyampaikan dengan Tema Hari Guru kali ini adalah "Membangun Pendidikan Karakter melalui Keteladanan Guru”. Tema ini erat kaitannya dengan implementasi Peraturan Presiden nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Peraturan Presiden tersebut mengamanatkan bahwa guru sebagai sosok utama dalam satuan pendidikan. 

Mereka memiliki tanggungjawab membentuk karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati. olah rasa, olah pikir, dan olah raga. Disamping itu, guru dan tenaga kependidikan juga harus mampu mengelola kerjasama antara satuan pendidikan.keluarga. dan masyarakat untuk mengobarkan Gerakan Nasional Revolusi Mental. Urgensi penguatan karakter ini semakin mendesak seiring dengan tantangan berat yang kita hadapi di masa-masa yang akan datang. 

Peserta didik saat ini adalah calon Generasi Emas lndonesia Tahun 2045 yang harus memiliki bekal jiwa Pancasila yang baik guna menghadapi dinamika perubahan yang sangat cepat dan tidak terduga. Oleh karena itulah kita mendukung guru-guru kita untuk terus bekerja keras mewujudkan generasi penerus yang cerdas dan beraklak mulia. Untuk itu guru harus dapat berperan sebagai “the significant other" bagi peserta didik. 

Guru harus menjadi sumber keteladanan. Momentum Hari Guru Nasional hendaknya kita jadikan sebagai refleksi apakah guru-guru kita sudah cukup profesional dan menjadi teladan bagi peserta didiknya. Di sisi lain. apakah kita sudah cukup memuliakan guru-guru kita yang telah berjuang untuk mendidik dan membentuk karakter kita sehingga menjadi pribadi tangguh dan berhasil. Sebab, tak ada seorangpun yang sukses tanpa melalui sentuhan guru. 

Jadi apapun kita saat ini, guru-guru kita pasti ikut mewarnai bahkan bisa jadi merupakan salah faktor penentu keberhasilan kita, sekali lagi mari kita kobarkan semangat menjadi guru teladan bagi anak-anak kita. Selamat Han” Guru Nasional. semoga Allah Subhanallah wa taala membimbing langkah-langkah kita mewujudkan pendidikan yang merata dan berkualitas melalui guru- guru yang hebat dan mulia. 

Upacara selesai, acara dilanjutkan penyerahan hadiah lomba dalam rangka hari GURU Nasional dan hari PGRI, dilanjutkan peninjauan gelar Pameran Produk Non Formal 2017. Bertempat di halaman sekda kota Pekalongan.**red ( pendim 0710 pekalongan )
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando