Home » » Dandim 0814 Jombang Memantapkan System Komando Dalam Latihan Penanggulangan Bencana

Dandim 0814 Jombang Memantapkan System Komando Dalam Latihan Penanggulangan Bencana

Written By portal komando on 21 Nov 2017 | 7:14 PM


Jombang. Kodim 0814 Jombang menjadi tempat gelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam dengan menyiagakan aparat TNI Untuk penanggulangan Bencana. Komando Distrik Militer Kodim 0814 Jombang, selama lima hari menggelar latihan yang di pusatkan di Makodim setempat.

Dihari kedua pelaksanaan latihan ditandai dengan memberikan paparan tentang berbagai langkah terkait penanggulangan bencana. Kasrem 082/CPYJ Letkol Inf M. Sulistyono mengatakan Gladi Posko merupakan metode latihan taktis tanpa pasukan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan prosedur hubungan komandan dan staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi bantuan menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan, selasa 21 nopember 2017.

Secara khusus latihan ini di lakukan untuk meningkatkan hubungan Komandan dan staf dalam merencanakan operasi dan melaksanakan olah yudha, digelar komando pengendalian operasi serta menyelenggarakan implementasi prosedur dan tata kerja yang berlaku di suatu pos Komando. " Kegiatan ini lebih memantapkan system Komando kita terkait dengan siaga bencana," katanya.

Setelah koordinasi, diterjunkan bantuan TNI kepada pemerintah daerah dalam rangka operasi militer. " Latihan ini juga untuk menghadapi berbagai bentuk konsidensi pertahanan dan ketahanan wilayah yang timbul akibat bencana alam dan dampak sosial lainnya," papar Letkol Arm Beni Sutrisno menambahkan. Latihan gladi posko disamping bagian proses bertingkat dan berlanjut.

Dalam kegiatan tersebut di praktekan secara langsung di lapangan Makodim sebagai gladi kotor bila mana ada bencana alam, dalam kegiatan tersebut juga melibatkan instansi dan oragnisasi tanggap bencana yang terkait di Kabupaten Jombang dan di awasi langsung oleh komando atas yaitu Korem 082/CPYJ. Tujuannya menyamakan persepsi dan juga memberikan dukungan secara penuh dalam upaya penanggulangan dan penanganan bencana alam.

Dilain tempat diwaktu yang sama, tampak para anggota staf Kodim diberikan persoalan- persoalan berupa RIL serta perintah- perintah dari Korem 082/CPYJ. Persoalan- persoalan tersebut harus dikerjakan, dan dilaporkan kepada penyelenggara yang bertindak sebagai Korem 082/CPYJ. Tampak dengan jelas para anggota staf Kodim wira-wiri dalam ruangan aula Makodim yang diasumsikan sebagai Posko utama. Mereka mengerjakan tugas ini itu yang diberikan oleh penyelenggara latihan.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando