KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » Dandim Cilacap Pastikan Sikap Netralitas TNI Dan Keamanan Teritorial Pada Pemilu Mendatang

Dandim Cilacap Pastikan Sikap Netralitas TNI Dan Keamanan Teritorial Pada Pemilu Mendatang

Written By portal komando on 15 Nov 2017 | 12:24 PM

Cilacap - Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf. Yudi Purwanto berikan materi Keamanan Teritorial pada Rapat Koordinasi dengan Stakeholder yang diselenggarakan oleh Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten Cilacap bertempat di Edelweiss Ballroom Hotel Dafam Cilacap, Rabu (15/11).

Kegiatan ini dihadiri oleh Danramil jajaran Kodim 0703/Cilacap serta unsur Forkopincam se-Kabupaten Cilacap, KPUD dan Bawaslu Kabupaten Cilacap. Kegiatan ini diselenggarakan dengan akan diadakannya pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Tengah tahun 2018 dan Pemilihan Umum DPR, DPD dan DPRD serta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 mendatang.

Sebelumnya kegiatan ini dibuka oleh Kepala BKPPD Kabupaten Cilacap Drs. Heru Hardjanto, MM. Pada kesempatan tersebut, Ia juga memberikan penyampaian materi tentang Netralitas ASN. Hal ini menurutnya guna mencegah dan menjaga ASN dari sasaran tarik menarik partai politik, menjamin keutuhan, kekompakan dan persatuan ASN. Hal ini juga telah diatur juga dalam UU Nomer 5 tahun 2014 tentang ASN yaitu pada pasal 9 ayat 2 dan pasal 31 ayat 1. Selain itu juga ada penyampaian materi tentang pidana dalam pemilu oleh KBO Satreskrim Polres Cilacap Iptu Sulimin, SH.

Pada kesempatan tersebut, Dandim 0703/Cilacap selain menyampaikan tentang  Keamanan Teritorial wilayah Kabupaten Cilacap juga memberikan materi tentang Netralitas TNI dalam keterlibatannya pada proses Penyelenggaraan Negara. Dandim menegaskan kepada seluruh Stakeholder bahwa, pada Pemilukada Tahun 2018 dan Pemilu Presiden tahun 2019, sikap TNI tetap Netral. " TNI bersikap Netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kebijakan politik praktis serta mendukung tegaknya demokrasi,menjunjung hukum dan HAM. Kita konsisten sikap TNI untuk menempatkan diri secara tepat pada tatanan sistem nasional." tegas Letkol Inf. Yudi Purwanto

Selain itu kata Dia, guna mengantisipasi kerawanan konflik di tengah-tengah masyarakat, pada kesempatan rapat ini Dandim 0703/Cilacap juga mengajak dan menghimbau kepada masing-masing Stakeholder agar pada pelaksanaan Pemilukada Tahun 2018 maupun pada Pemilu legislatif Tahun 2019 di Kabupaten Cilacap untuk lebih meningkatkan lagi sinergitas, kerjasama dan komunikasi yang baik dalam mengawal pelaksanaan pilkada agar berlangsung aman, lancar dan demokratis sesuai dengan harapan kita bersama. (Pendim.Clp)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando