Home » » DANLANTAMAL VI LEPAS KONTINGEN PESERTA PELANTARA VII SAIL SABANG KWARDA SULSEL TAHUN 2017

DANLANTAMAL VI LEPAS KONTINGEN PESERTA PELANTARA VII SAIL SABANG KWARDA SULSEL TAHUN 2017

Written By portal komando on 17 Nov 2017 | 2:27 PM


Makassar, Komandan Lantamal VI  (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Yusup, S.E., M.M., melepas 15 orang peserta Pelayaran Lintas Nusantara (Pelantara) VII Sail Sabang Kwartir Daerah (Kwarda) Sulsel Tahun 2017 bertempat di gedung Bontomarannu Mako Lantamal VI, Jum'at (17/11/2017). 

15 orang peserta Pelantara VII yang terdiri dari 12 anggota Pramuka Saka Bahari, 1 orang Pembina dan 1 orang Pimpinan Kontingen Kwarda Sulawesi Selatan yang didampingi serta oleh Mayor Laut (KH) Mochtar Panji Lapola ini, nantinya akan bergabung dengan ratusan anggota pramuka se-Indonesia dengan menumpangi KRI Banda Ceh (BAC) – 593 yang kemudian akan mengikuti kegiatan Pelantara mulai tanggal 20 November 2017 s.d. 17 Desember 2017 di Pulau Sabang Aceh Sumatera Barat.

Danlantamal VI dalam pengarahannya menyampaikan sebagai generasi muda Sulawesi Selatan harus menjaga budaya kearifan lokal dan Jiwa Kebaharian yang selama ini telah dikenal oleh Masyarakat Indonesia lainnya. Dengan kegiatan seperti ini, para Anggota Pramuka Saka Bahari Kwarda Sulsel juga dapat lebih mengenal  tentang Kemaritiman dan sebagai ajang silaturahmi dan pemersatu antar Anggota Pramuka Saka Bahari yang berasal dari seluruh wilayah di Indonesia

“Selamat mengikuti kegiatan Pelantara VII tahun 2017 dan Mudah - mudahan kegiatan seperti ini bermanfaat untuk bekal kedepan nantinya serta jaga kesehatan dan tetap semangat dalam mengikuti semua kegiatan tersebut”, Ujar Danlantamal VI.

Kegiatan yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Sail Sabang tahun 2017 dengan moto kegiatan “Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan Untukmu Indonesia” dan tema keegiatan "Dengan Semangat Kebersamaan Kita Bangun Generasi Muda Saka Bahari Yang Berjiwa Patriotik" ini nantinya akan dilaksanakan di pulau terluar yaitu pulau Sabang Banda Aceh yang merupakan batas wilayah barat dari Perairan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tujuan Kegiatan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) adalah Meningkatkan kecintaan pemuda terhadap tanah air, Meningkatkan wawasan kebangsaan dan nasionalisme pemuda, Meningkatkan kecintaan kebaharian dikalangan pemuda, Mengembangkan jiwa wirausaha dan industri kebaharian dan kemaritiman dikalangan pemuda, Meningkatkan persatuan dan kesatuan dikalangan pemuda dalam kerangka NKRI, Melaksanakan pembinaan pada generasi muda  Saka Bahari  dalam kerangka National Character Building. 

Sehingga, Dengan tujuan tersebut akan tercapai sasaran yang diharapkan yaitu Pemahaman tentang Kemaritiman/Kelautan, mengetahui dan memanfaatkan potensi sumber daya kelautan yang ada, dan pemahaman tentang bela negara sehingga timbul persepsi yang sama bahwa dengan wilayah laut yang luas maka pemanfaatan potensi yang ada perlu adanya pengawalan dari seluruh komponen bangsa Indonesia serta terwujudnya kesadaran bela negara, cinta tanah air dan cinta bahari   kepada generasi muda sebagai paradigma baru calon pemimpin bangsa yang memiliki jiwa kebangsaan.

Adapun Rute Pelayaran Pelantara VII  Sail Sabang Tahun 2017 yaitu Jakarta – Batam – Belawan – Sabang (Sail Sabang) – Pariaman (Padang) – Bengkulu kemudian kembali lagi ke Jakarta.

HAdir dalam acara pelepasan ini, Kadispotmar Lantamal VI Letkol Laut (KH) Jarwadi.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando