Home » » GUBERNUR AAL MOTIVASI PRAJURIT DAN TARUNA LOMBA GERAK JALAN PERJUANGAN MOJOKERTO - SUROBOYO

GUBERNUR AAL MOTIVASI PRAJURIT DAN TARUNA LOMBA GERAK JALAN PERJUANGAN MOJOKERTO - SUROBOYO

Written By portal komando on 19 Nov 2017 | 7:01 PM

PK,.Surabaya, 19 November 2017,- Akademi Angkatan Laut (AAL) mengerahkan tiga regu mengikuti lomba Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto - Surabaya, yaitu prajurit satu tim dan Taruna dua tim. Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., bersama para pejabat utama AAL memberikan motivasi kepada ketiga regu tersebut setelah mencapai finish di Tugu Pahlawan Surabaya, Minggu (19/11) dini hari..

Ketiga regu AAL mengikuti Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto - Surabaya (Mojosuro) mulai star dari Alun-alun Kota Mojokerto pukul 16.00 WIB dan finish di Tugu Pahlawan Surabaya dengan jarak tempuh 56 Km dan diikuti semua lapisan masyarakat Jawa Timur. Ketiga tim AAL sangat bersemangat sejak star sampai finish, pasukan rapih dan personel tetap utuh.

Lomba gerak jalan yang sudah mentradisi sejak tahun 1959 tersebut, merupakan napak tilas dari para Pejuang dari Mojokerto pada bulan November 1945 dalam membantu para pejuang Surabaya, guna mempertahankan kemerdekaan dan wilayah Republik Indonesia dari upaya Belanda dibantu tentara Sekutu untuk kembali menjajah Indonesia, tiga bulan setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto - Surabaya, yang tahun 2017 ini diselenggarakan Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur diikuti peserta pada saat pemberangkatan kurang lebih 10 ribu orang, terdiri dari peserta perorangan, peserta beregu umum, peserta beregu TNI/Polri, termasuk Taruna AAL 2 regu, dan beregu pelajar . Pemberangkatan para peserta dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo bersama para pejabat Forpimda Jawa Timur di Alun-Alun Mojokerto, pada hari Sabtu (18/11) sekitar jam 16.00 WIB.

Gubenur Jawa Timur, Soekarwo mengingatkan kepada para peserta gerak jalan perjuangan, Mojokerto - Surabaya untuk menjaga kesehatan dan berhati-hati. "Saya meminta para peserta gerak jalan Mojokerto - Surabaya, hati-hati, jaga kesehatan," ujarnya.

Pengibaran bendera start pertama dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur, dilanjutkan oleh para pejabat oleh para pejabat Forpimda atau yang mewakili. Untuk Tim Taruna AAL diberangkatkan oleh Komandan Resimen AAL Kolonel Laut (P) Edwin dengan nomer peserta 30 dan 31,

Selanjutnya para peserta memulai gerak jalan perjuangan melalui jalur Alun-Alun Mojokerto-Jalan Majapahit-Jalan Bhayangkara-Jalan Gajahmada-Jalan Ajinomoto-Depan Pabrik Tjiwi-Krian (Pos I: Pasar Krian)-Jalan Raya Trosobo- Jalan Raya Kletek-Sepanjang (Pos II), Sepanjang-Karang Pilang-Jalan Gunung Sari (Yani Golf)-Jalan Hayam Wuruk-Jalan Kutai-Jalan Pasar Kembang-Jalan Kedung Doro-Jalan Blauran-Jalan Bubutan-Jalan Pahlawan-Jalan Kebun Rojo, dan Finish Tugu Pahlawan Surabaya.

Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto - Surabaya juga dimeriahkan dengan aneka hiburan yang diadakan oleh Panitia Lomba, di beberapa titik lokasi. Selain itu, masyarakat memadati pinggir jalan sepanjang rute yang dilalui peserta mulai dari Alun-alun Kota Mojokerto hingga Tugu Pahlawan Surabaya, untuk memberikan semangat, air minum, dan makanan kecil.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando