Home » » Hadapi Tantangan Global, Pusterad Gelar Apel Danrem Dandim TA 2017

Hadapi Tantangan Global, Pusterad Gelar Apel Danrem Dandim TA 2017

Written By portal komando on 27 Nov 2017 | 9:47 AM

Bandung,PK- Untuk menghadapi berbagai tantangan global seperti berkurangnya sumber-sumber air, pangan dan energi yang memunculkan persaingan antar negara di dunia, Mabes TNI AD melalui Pusat Teritorial AD (Pusterad) menggelar Apel Danrem Dandim Terpusat TA 2017. 
 “Potensi nasional Indonesia yang begitu besar baik dari SDA yang melimpah dan wilayah yang sangat luas sangat berpotensi menjadi pemicu bagi negara negara lain yang ingin mendapatkan bahkan menguasainya,” ujar Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad), Mayor Jenderal TNI Hartomo di Jakarta, Sabtu (25/11) kemarun sebagaimana tertulis dalam pers rilis. 

Dia menjelaskan bahwa upaya yang terencana, menyeluruh, terpadu, terarah, dan berkesinambungan diperlukan dalam membangun komunikasi, sinergi, kolaborasi antara pemerintahan, TNI, Polri, dan unsur komponen bangsa lainnya untuk memberdayakan potensi nasional tersebut guna mewujudkan tujuan pembangunan nasional.

Menurut Mayjen TNI Hartomo, salah satu bentuk kegiatan yang dilaksanakan oleh Pusterad guna membantu memecahkan persoalan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah Apel Danrem Dandim terpusat TA 2017 yang akan digelar di Sekolah Calon Perwira AD (Secapaad) Bandung pada 27-30 November 2017.

“Selain tantangan global, kita juga akan memasuki tahun 2018 dimana pemerintah menyelenggararkan Pilkada serentak yang di 17 provinsi dan 154 kabupaten/kota yang memperebutkan 197.000.000 suara rakyat bersamaan dengan pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden tahun 2019. Hal ini akan berpotensi konflik yang sangat tinggi. Karenanya, kemampuan deteksi dini dan cegah dini Aparat Komando Kewilayahan perlu terus ditingkatkan,” kata Danpusterad.

Apel dengan tema “Melalui Apel Danrem Dandim Terpusat TA 2017, Kita Mantapkan Profesionalitas Aparat Komando Kewilayahan Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI AD” itu akan diikuti oleh 403 orang, termasuk Komandan Korem (Danrem), Komandan Distrik Militer (Dandim) dan para pejabat setingkat Paban/Dir/Ses (Bincab, Fung) yang terkait dengan fungsi Pembinaan Teritorial (Binter).

Kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan sistem dan pelaksanaan komunikasi yang efektif dari Aparat Komando Kewilayahan dalam melaksanakan pembinaan teritorial di wilayah mereka; memperluas wawasan para Danrem dan Dandim tentang berbagai bentuk ancaman yang aktual baik nasional maupun internasional; serta meningkatkan kemampuan aparat komando kewilayahan dalam mendeteksi dan mencegah timbulnya suatu ancaman dengan pembinaan teritorial yang terkoordinasi.

Sejumlah kegiatan akan dilaksanakan selama apel tersebut, diantaranya ceramah yang akan dibawakan oleh Panglima TNI Gatot Nurmantyo dengan tema “Ancaman aktual saat ini dan langkah antisipasi dalam rangka menjaga kedaulatan serta keutuhan NKRI”, serta Kepala Staf AD, Kepala Kepolisian RI, Menteri Dalam Negeri, Menteri Komunikasi dan Informatika,Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Gubernur jawatimur, dan Bupati Jember.

Selain itu, ada pula diskusi panel dengan pembicara tokoh militer dan politisi nasional, Letjen (Purn) Y. Suryo Prabowo; Kepala Unit Kerja Presiden Pemantapan Ideologi Pancasila (UKP-PIP), Yudi Latif; dan Sekretaris Kabinet, Andi Wijayanto.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando