Home » » Jalin Komunikasi Dengan Komponen Masyarakat, Lanal Yogyakarta Selenggarakan Komsos TNI Tahun 2017 Di Kulon Progo

Jalin Komunikasi Dengan Komponen Masyarakat, Lanal Yogyakarta Selenggarakan Komsos TNI Tahun 2017 Di Kulon Progo

Written By portal komando on 23 Nov 2017 | 6:19 PM

PK,.Yogya Barat. Untuk mempertahankan silaturahmi dan komunikasi dengan komponen masyarakat, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta menyelenggarakan Komunikasi Sosial (Komsos) TNI tahun 2017 yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna, Komplek Pelabuhan Tanjung Adikarto, Karangwuni, Wates, Kulon Progo, Rabu (22/11/17) siang. 
 
Giat acara Komsos TNI tahun ini mengusung tema “Melalui Komsos TNI matra Laut kita jalin silaturahmi antara TNI dengan Komponen Masyarakat”,  merupakan salah satu penerapan kegiatan Potensi Maritim yang dilaksanakan oleh Lanal Yogyakarta dan hal tersebut merupakan salah satu fungsi dari Lanal Yogyakarta.

Acara diselenggarakan sekaligus dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke-72 TNI Angkatan Laut tahun 2017. Komsos ini  dihadiri lebih kurang 250 orang,  antara lain para Perwira Staf, Prajurit dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Lanal Yogyakarta, para pejabat Pemerintah Daerah, TNI Polri serta masyarakat Kabupaten Kulon Progo.

Dalam sambutanya, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta, Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E., M.Pd., sekaligus membuka acara Komsos TNI Matra Laut tersebut, antara lain menyampaikan bahwa kegiatan Komsos TNI Matra Laut tahun 2017 ini dilaksanakan masih dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke-72 TNI Angkatan Laut tahun 2017, selain itu untuk mewujudkan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan komponen masyarakat dalam meningkatkan kemanunggalan antara TNI umumnya dan TNI Angkatan Laut khususnya dengan rakyat. 

Diharapkan dengan dilaksanakan giat Komsos TNI  ini sebagai aplikasi silaturahmi, yang merupakan langkah efektif untuk meningkatkan komunikasi antara komponen masyarakat sehingga dapat menyamakan pemahaman dengan saling bertukar informasi, serta mengurangi sikap saling curiga satu sama lain.

Pada kesempatan tersebut, Arya, panggilan akrab Danlanal Yogyakarta, juga menyampaikan bahwa Komsos TNI ini merupakan wujud Dharma Bakti TNI khususnya TNI Angkatan Laut, guna membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kebersamaan masyarakat yang pada masa sekarang ini rentan dengan timbulnya perselisihan, seiring dengan kemajuan tekhnologi dan perkembangan global yang dapat memecah belah masyarakat sebagai salah satu komponen Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sesuai tugas pokok TNI dalam UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang peran TNI sebagai Alat Negara di Bidang Pertahanan yang dalam pelaksanaan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan Politik Negara, maka kegiatan TNI khususnya Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta ini juga merupakan salah satu bentuk kecintaan dan kepedulian kita terhadap masyarakat sekitar. 

Selain itu juga, bahwa giat Komsos ini dimaksudkan untuk lebih membangkitkan semangat memotivasi dan membudayakan seluruh masyarakat Indonesia khususnya masyrakat Kabupaten Kulonprogo untuk peduli dan hidup dalam kebersamaan seperti moto “Kulonprogo Binangun” yang salah satunya berarti “Guyub”.

Di acara yang sama, sambutan Bupati Kulon Progo, yang dibacakan Camat Wates, Hj. Aspiah, menyampaikan apresiasi dengan adanya kegiatan Komsos TNI, semoga TNI Angkatan Laut diterima lebih luas lagi oleh masyarakat,  karena TNI Angkatan Laut keberadaannya yang lebih banyak di laut. Kami berharap kepada nelayan tetap semangat tinggi dan letakkan harapan besar. 
 
"Terima kasih kepada Komandan Lanal Yogyakarta yang telah menyelenggarakan Komsos TNI matra Laut, semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi masyarakat terutama nelayan" jelas Camat Wates.

Acara inti dari Komsos TNI Matra Laut tersebut antara lain, disampaikan Sosialisasi tentang Hukum Laut kepada para peserta Komsos oleh Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta, Letkol Laut (P) Siswo Widodo, S.T.,  sebelumnya terbih dahulu dilaksanakan Penyerahan secara simbolis bahan kontak berupa sembako dari Danlanal Yogyakarta, Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E., M. Pd., kepada perwakilan nelayan diteruskan foto bersama. (NSR/bang natsir).
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando