KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » Kecelakaan Laut Masih Tinggi, Pangarmabar Canangkan Program Peduli Keselamatan Pelayaran

Kecelakaan Laut Masih Tinggi, Pangarmabar Canangkan Program Peduli Keselamatan Pelayaran

Written By portal komando on 6 Nov 2017 | 5:42 PM

PK,.JAKARTA,.Secara serentak, hari ini Senin (6/11) Panglima Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos melaksanakan “Sosialisasi Peduli Keselamatan Pelayaran” di seluruh wilayah Barat mulai dari Sabang sampai dengan Cirebon.

Pelaksanaan Sosialisasi secara simbolis dilaksanakan di Dermaga Marina Ancol dengan meninjau kapal yang akan berlayar, selain itu Pangarmabar juga memberikan pengarahan serta penekanan tentang pentingnya mengutamakan keselamatan berlayar kepada seluruh nahkoda dan ABK di Dermaga Marina Ancol.

Pangarmabar dalam kesempatan tersebut menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan keselamatan pelayaran. Antara lain, pentingnya kelengkkapan dokumen kapal, senantiasa meyakinkan kesiapan dan kelengkapan kondisi kapal sebelum berlayar, laporkan rencana rute atau track pelayaran kepada otoritas pelabuhan, senantiasa laporan baik sebelum kapal bertolak dan setelah kapal bersandar kepada otoritas pelabuhan, selalu mengecek ketersediaan dan kelengkapan alat keselamatan diri (Life Raft, Jaket pelampung, dan alat pemadam api) di kapal.

Selain itu mengutamakan keselamatan Navigasi dan komunikasi dengan memperhatikan rambu-rambu navigasi yang ada serta berfungsinya radio komunikasi yang ada di kapal, memperhatikan keadaan cuaca pada saat akan melaksankan pelayaran serta mencatat nomor darurat yang bisa dihubungi apabila terjadi permasalahan di laut.

Kegiatan ini seperti ini dilaksanakan secara berkelanjutan di seluruh pangkalan jajaran Koarmabar, terlebih saat ini sudah memasuki musim barat dimana cuaca menjadi sedikit keras. Berdasarkan data tentang kecelakaan laut yang terjadi di wilayah Komando Armada RI Kawasan Barat setahun belakangan ini, yang mengakibatkan timbulnya korban jiwa serta kerugian material akibat cuaca yang tidak bersahabat khususnya pada musim barat. Tercatat telah terjadi 82 kecelakaan laut di wilayah Koarmabar dengan korban jiwa 52 meninggal jiwa dan 14 orang hilang.

Pada kesempatan itu, David pengusaha kapal di Dermaga Marina Ancol mengatakan kami senantiasa selalu melaksanakan pedoman dan peraturan yang telah ditetapkan oleh otoritas yang berwenang. Dimana dari 30 kapal yang kami memiliki ada 3 atau 4 crew yang bertugas pada tiap-tiap kapal. Penumpang tidak diperbolehkan melebihi kapasitas, selain itu ada teknisi khusus yang mengawasi dan merawat mesin kapal serta kita menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait seperti Polri, TNI, Otoritas pelabuhan dan lain-lain, tuturnya.

Pada kesempatan itu Pangarmabar juga memberikan penghargaan kepada David mewakili pelaku usaha jasa penyeberangan kapal, dalam pesannya Pangarmabar menekankan untuk senantiasa meminimalisir kecelakaan di laut serta memberikan kesadaran kepada para pengguna laut untuk lebih peduli terhadap pentingnya keselamatan dalam pelayaran sehingga kejadian kecelakaan di laut dapat berkurang dan korban jiwa dapat dihindari. (Andi Siregar).
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando