KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » Kodim 0824 Menjadi Tuan Rumah Rakor Puskesad Rencana Pelaksanaan Bakti Sosial Operasi Katarak

Kodim 0824 Menjadi Tuan Rumah Rakor Puskesad Rencana Pelaksanaan Bakti Sosial Operasi Katarak

Written By portal komando on 15 Nov 2017 | 4:25 PM


Jember. Bertempat di Aula Kodim 0824 Jember pada Rabu 15/11/2017 Pukul 08.00 Wib dilaksanakan Rapat koordinasi rencana pelaksanaan Bakti Sosial Operasi Katarak program Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Puskesad) Tahun Anggaran 2017.

Hadir pada kesempatan tersebut Kolonel Ckm dr Nirawan Putranto didampingi Staf Kementrian Kesehatan RI Bu Misti, Dandim 0824 Letkol Inf Rudianto, Karumkit Tk III Baladhika Husada Jember Letkol Ckm dr Masri Sihombing, Kepala Dinas Kesehatan Jember, Kepala Rumah Sakit Bina Sehat, sebagai peserta 110 orang Babinsa dari Kodim 0824 Jember, Kodim 0822 Bondowoso, Kodim 0823 Situbondo dan Kodim 0825 Banyuwangi, Perawat dan Staf Dinas Kesehatan Jember.

Dihadapan peserta Rakor Kolonel Ckm dr Nirawan Putranto sebagai Ketua Pelaksana penyelenggaraan Bakti Sosial Operasi Katarak yang akan dilaksanakan terpusat di Kab Jember menyatakan bahwa anggaran yang digunakan pada operasi Katarak saat ini menggunakan dana APBNP 2017 yang di swakelolakan kepada Pusat Kesehatan Angkatan Darat.

Sebagai Ketua Pelaksana Kolonel Ckm Dr Nirawan Putranto menyampaikan paparan terkait tehnis pelaksanaan jalannya operasi yang dilaksanakan kepada seluruh peserta, pada kesempatan tersebut juga disampaikan bahwa penderita katarak yang masih ada rata-rata mengalami kendala diantaranya karena takut operasi, tidak ada biaya dan tidak ada yang mengurusi.

Untuk itu melalui kesempatan ini Babinsa diharapkan mampu menghilangkan kesenjangan-kesenjangan tersebut diatas, dengan mengadakan pendekatan yang baik serta diurus langsung oleh Babinsa tentunya penderita tersebut dapat ditangani dengan baik.

Selanjutnya dilakukan tanya jawab terkait rencana program yang akan dillaksanakan dengan peserta dan Babinsa sehingga kendala-kendala yang dihadapi dapat terwadahi dan dicarikan solusinya, bahkan Babinsa disitu juga diberikan pelatihan screening awal penderita katarak yang layak atau tidak layak dirujuk untuk dilaksanakan operasi.

Kepala Rumah Sakit TK III Baladhika Husada Letkol Ckm dr Masri Sihombing saat dikonfirmasi terkait persiapannya menyatakan bahwa Rumah Sakitnya siap menjadi tempat pelaksanaan operasi mata dalam mendukung kegiatan tersebut, dan rumah sakit yang ditunjuk rencananya RS TK. III Baladhika Husada (DKT) dan Rumah Sakit Bina Sehat Jember.

Selanjutnya Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto saat dikonfirmasi terkait kegiatan tersebut dirinya sangat mendukung sekali dan bersama Kodim-kodim sekitar siap membantu dalam pelaksnaannya.

Saat ditanyakan apa ada kendala dalam pelaksanaan bakti sosial operasi gratis yang akan dilaksanakan ini, Letkol Inf Rudianto menyatakan bahwa untuk kita Kodim 0824 Jember tidak ada masalah karena kita setiap tahun melaksanakannya, bahkan ada 150 Babinsa yang memiliki ketrampilan khusus melakukan screening katarak, untuk yang lain saya kira tidak ada permasalahan. (Sis24)

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando