Home » » KOLINLAMIL GELAR TFG LATIHAN OPERASI PENDARATAN ADMINISTRASI

KOLINLAMIL GELAR TFG LATIHAN OPERASI PENDARATAN ADMINISTRASI

Written By portal komando on 21 Nov 2017 | 8:06 AM


Keterangan foto: Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Pertama TNI Yudo Margono, S.E., di gedung Laut Nusantara, Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (20/11/2017). (Foto Dispen Kolinlamil)

Sabtu, 20 November 2017 ----- Setelah menyiapkan seluruh rangkaian persiapan yang akan dilaksanakan pada saat latihan termasuk data-data intelijen yang sudah ada di daerah yang akan dijadikan lokasi latihan, para pelaku Latihan Operasi Pendaratan Administrasi TA. 2017 menggelar Tactical Floor Game (TFG) yang disaksikan langsung Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Pertama TNI Yudo Margono, S.E., di gedung Laut Nusantara, Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (20/11/2017).

Kegiatan TFG diawali dengan paparan rencana latihan yang disampaikan oleh Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Dansatlinlamil) Jakarta Kolonel Laut (P) Sigit Santoso selaku Pangkogasgabratmin kepada Panglima Kolinlamil. Dan dilanjutkan dengan pelaksanaan TFG oleh selutuh perwira Kolinamil dan para pelaku latihan lainnya.

Tactical Floor Game merupakan bagian dari skenario latihan untuk mematangkan rencana operasi yang telah disusun bersama staf dan pelaku latihan.

Tujuan dari latihan ini adalah untuk menguji doktrin operasi pendaratan administrasi (Opsratmin) dan untuk mengetahui apakah masih efektifitas kodalops maupun interoperability antara unsur Kolinlamil dan Kotama TNI AL lainnya dalam melaksanakan operasi pendaratan administrasi, juga untuk mengukur sekaligus meningkatkan kesiagaan Kolinlamil dalam pelaksanaan kampanye militer, serta Melatih mekanisme komando dan pengendalian pada suatu operasi.

Dalam latihan ini melibatkan kotama TNI AL yaitu Kolinlamil, Armada Barat, Marinir, Puspenerbal, dan Pushidrosal. Latihan ini dimulai dari Jakarta hingga ke tempat sasaran pendaratan ampibi di salah satu wilayah di Kalimantan.

Sementara pada latihan ini melibatkan sejumlah unsur/KRI diantaranya empat unsur KRI Kolinlamil yaitu KRI Tanjung Nusanive 973, KRI Teluk Manado 537, KRI Teluk Amboina 503, KRI Teluk Bone 511, KRI Teluk Mentawai 959. Satu Satuan Setingkat Batalyon dari Pasmar 2 Marinir, lima unsur dari Koarmabar yaitu KRI Cakalang 852, KRI Sutanto 377, KRI Sultan Taha Syaifuddin 376, KRI Baladau 643 dan KRI Louser 924 serta 1 Pesud Cassa Puspenerbal.

Hadir pada acara tersebut seluruh Asisten Pangkolinlamil, para Kasatker di lingkungan Kolinlamil, Tim penilai dan tim Evaluasi latihan.





Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando