Home » » Mengenal Lebih Dekat Sosok Danramil 03/Pasar Minggu Mayor Chb Purwanto,S.Psi

Mengenal Lebih Dekat Sosok Danramil 03/Pasar Minggu Mayor Chb Purwanto,S.Psi

Written By portal komando on 25 Nov 2017 | 3:51 PM

Jakarta,PK-Tegas, lugas, ramah dan Religius  serta penuh cinta dan lasih sayang   terpancar dari sosok Mayor Chb Purwanto, S.Psi salah satu anggota TNI yang bertugas sebagai Danramil 03/Pasar Minggu Kodim 0504/JS Rem 051/Wijayakarta Kodam Jaya. 
 
Dia lahir di Salatiga  Jawa Tengah pada tanggal 12 Oktober 1972. Ia pernah menamatkan kuliah S.I di fakultas Psikologi pada  salah satu Perguruan Tinggi (PT) di Surabaya, sewaktu dia berpangkat Serda,  Secapa pada tahun 2000, menjalani Diklapa 2 tahun 2012 silam, sekemudian ia pernah 9 tahun bertugas di Dispsiad dan 3 tahun di Bintaldam Jaya.

Pada keseharianya, Mayor Chb Purwanto dikenal sebagai prajurit yang selalu setia pada Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dan taat Komando Atas dan yang pasti setia pada NKRI. Bukan hanya itu, dirinya juga dikenal sebagai sosok yang mempunyai jiwa sosial yang tinggi dan taat beribadah serta mempunyai kepekaan dan rasa kasih sayang kepada masyarakat.

Jiwa nasionalisme dipadukan dengan  pondasi Agama yang melekat erat pada dirinya menciptakan rasa aman, nyaman dan damai pada setiap tingkah laku dan tutur sapanya yang tegas lugas, namun selalu mempunyai makna dan arti bagi setiap orang yang dikenalnya. Salah satu bukti nyata dari dirinya yang pasti akan selalu dikenang dan terukir di hati warga masyarakat di wilayah teritorialnya adalah dirinya dapat menciptakan suasana yang kondusif dan dapat menjalin hubungan yang hakiki dengan bawahan dan masyarakat, seperti contoh dirinya bersama jajaranya selalu melakukan berjamaah di Masjid  Mini Baitussalam dan selalu memberikan rasa cinta dan kasih sayang kepada anak-anak usia remaja yang biasa bermain bola di halaman Koramil 03/Pasar Minggu.

Dirinya tak pernah merasa uzub dan takabur dengan pangkat dan jabatan Danramil  yang ia raih saat ini. Ia menganggap semua itu adalah anugrah dan ujian yang diberikan oleh Tuhan yang Maha Kuasa kepada hambanya yang harus dibarengi dengan amar ma'ruf nahi mungkar.

Ada satu hal yang menarik dan menjadi fokus penulis, Mayor Chb Purwanto, S.Psi dapat menjalin keakraban dengan anak-anak di sekitar wilyah Koramil. Sumber mengatakan  bahwa anak-anak yang biasa bermain bola di halaman Koramil merasa bahwa sosok Purwanto adalah sosok yang patut ditauladani seperti orang tua  kandungnya sendiri. Dimana, dirinya selalu memberikan  bimbingan rohani dan jasmani serta selalu menanamkan pemahaman Wasbang Bela Negara agar anak-anak tersebut menjadi anak yang berguna untuk Nusa Bangsa. Dan satu hal yang perlu diketahui, Purwanto sosok yang dermawan.

Sehingga, anak-anak tersebut tidak pernah merasa takut dan sungkan untuk bermain ke Koramil. Padahal, kebanyakan orang mengenal   Markas Koramil adalah Kandang Macan. Orang segan, takut dan hormat kepada orang yang di dalamnya. Jarang ada Danramil yang dapat menciptakan suasana hangat dan penuh kasih sayang. Jangankan anak-anak berani main ke Kandang Macan. Bahkan, orang dewasapun berpikir seribu kali untuk datang ke tempat yang disegani tersebut kecuali kalau ada hal penting yang mendesak. Itu merupakan hal yang luar biasa.

Terkait hal tersebut, Danramil Pasar Minggu Mayor Chb.Purwanto, S.Psi mengungkapkan awal cerita  sehingga anak'anak terbiasa dan mempunyai rasa kedekatan dengan Danramil dan jajaranya tersebut, berikut ini penyampaian Danramil 03/Pasar Minggu  melalui salah satu Personel  Pendam Jaya.
 
"Biasa anak-anak  sore hari bermain Sepak bola di halaman Koramil, Tapi pas waktu Adzan tiba diantara mereka langsung Adzan berhenti untuk Sholat Berjamaah.Anak-anak dibimbing Jajaran Koramil 03 melantunkan  puji-pujian mengagungkan Allah Tuhan Yang Maha Kuasa sebelum Qomat, "Kata Danramil.

"Setelah  selesai Isya  baru mereka pulang untuk  belajar di rumah mereka masing-masing. Hal  itulah yang membuat mereka biasa bermain  dan tidak canggung ke Koramil, jadi tidak takut sama TNI. Pas terdengar Azdan kami  selau membimbing mereka untuk shalat dan  Imamnya kita-kita, Danramil atau yang piket lainya," terangnya.

"Kadang-kadang pas ada tamu panitia rapat kegiatan Pesona Budaya Betawi kita pesan sate depan Koramil, sekalian mereka kita pesankan makan sate ramai-ramai seadanya, biasanya  ada 20 orang anak," imbuhnya.

Mayor Inf Purwanto, S. Psi juga menerangkan bahwa, dengan adanya Masjid Mini Baitussalam salah satu bentuk kepedulian TNI jajaran Koramil  kepada masyarakat yang jaraknya berdekatan dengan Koramil dan dekat ke jalan  raya, warga masyarakat merasa nyaman tidak sungkan untuk Ke Masjid maupun main ke Piket Koramil. Hal itu juga  merupakan upaya Koramil membangun komunikasi dengan warga masyarakat sekitar.

"Pembangunan Masjid Mini tersebut juga  merupakan wujud kedekatan rakyat dengan TNI (jajaran  Koramil 03/Pasar Minggu), sehingga  para  sukarelawan berkenan membantu segala material yang  dibutuhkan. Sehingga menjadi masjid yang megah," pungkas Danramil.

Mudah mudahan segala bentuk pengabdian, pemberian yang diberikan oleh Mayor Inf Purwanto tersebut berikut jajaranya dapat bermanfaat bagi bangsa dan negara serta merupakan cerminan atas Eksistensi TNI AD  dalam melaksanakan  tugas dan fungsinya untuk kesejahteraan, kemandirian, dan Keutuhan NKRI. Bravo TNI, Bersama Rakyat TNI Kuat.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando