Home » » Pangdam III/Siliwangi Minta Penanganan Permasalahan Sungai Citarum Dalam Satu Komando

Pangdam III/Siliwangi Minta Penanganan Permasalahan Sungai Citarum Dalam Satu Komando

Written By portal komando on 24 Nov 2017 | 11:14 AM


Bandung, PK-Penanganan masalah kerusakan lingkungan khususnya di Sungai Citarum oleh Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota, selama ini tak kunjung tuntas karena dinilai berjalan masing-masing. Kedepan, penanganannya akan dilakukan dengan satu komando.

Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Doni Monardo melalui Kapendam III/Siliwangi, Kolonel Arh Desi Ariyanto mengatakan, selama ini permasalahan Sungai Citarum tidak pernah selesai karena setiap instansi menanganinya masing-masing atau parsial. Sehingga, siang ini akan dirumuskan struktur organisasi untuk penanganannya.

"Kenapa Citarum tidak pernah selesai, karena kita kerja masing-masing. Makanya, kali ini akan dijadikan satu komando dengan pimpinan Gubernur Jabar dan Pangdam sebagai Ketua Pelaksana Harian," ujar Desi disela peninjauan lokasi TPS liar oleh Pangdam III/Siliwangi di Desa Nanjung, Kec. Margaasih, Kab. Bandung, Kamis (23/11/2017).

Sejak satu pekan terakhir ini, kata Desi, pihaknya sudah turun ke lapangan untuk melaksanakan penataan lingkungan Sungai Citarum. Diantaranya mengumpulkan unsur dari Pemerintah Daerah, pegiat dan komunitas lingkungan.

Tidak hanya itu, pada 30 November 2017 nanti akan dilaksanakan penanaman bibit pohon di hulu Sungai Citarum. "Sebanyak 10 ribu bibit pohon setinggi dua meter akan ditanam di lahan yang gundul di wilayah hulu yaitu Situ Cisanti," katanya.

Selain itu, lanjut Desi, pemasangan kamera CCTV di area-area yang sering dijadikan tempat pembuangan sampah liar oleh masyarakat, juga akan dilakukan.

"Diharapkan, warga yang sering buang di TPS liar berpikir kembali saat akan membuang sampah. Edukasi pun akan dilakukan termasuk melakukan pemberdayaan kepada masyarakat sekitar Sungai Citarum," terangnya.

Dirinya menambahkan, program yang akan dilaksanakan ke depan yaitu, disetiap 10 kilometer sungai Citarum pihaknya akan membentuk Satgas yang terdiri dari berbagai perwakilan. Kerja satgas tersebut membersihkan dan menjaga Sungai Citarum. Denikian dikutip dari situs resmi Kodam III/Siliwangi.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando