Home » » Pangdam Pattimura Pimpin Upacara Serah Terima ABK Satgas BKO KM ADRI XLI

Pangdam Pattimura Pimpin Upacara Serah Terima ABK Satgas BKO KM ADRI XLI

Written By portal komando on 21 Nov 2017 | 9:15 AM

Ambon, (21/11)- Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Suko Pranoto memimpin Upacara Serah Terima ABK Satgas BKO KM ADRI XLI dalam Rangka Tugas Pengamanan di Wilayah Maluku dan Maluku Utara Tahun 2017  bertempat di Dermaga Slamet Riyadi, Belakang Kota, Ambon.

Pangdam dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada ABK Satgas BKO KM ADRI XLI yang telah menyelesaikan tugas dengan baik,  sehingga dukungan mobilitas laut yang sudah kalian laksanakan sangat membantu pelaksanaan tugas pokok Kodam XVI/Pattimura.

Labih lanjut dikatakan, kepada ABK Satgas BKO KM ADRI XLI yang akan melaksanakan penugasan di wilayah Maluku dan Maluku Utara saya ucapkan ”selamat datang dan selamat bertugas”. Semoga kehadiran dan keberadaan kalian di wilayah ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk mendukung tugas-tugas pelayanan mobilitas laut kepada Kodam XVI/Pattimura.

Kepada ABK Satgas BKO KM ADRI XLI yang telah menyelesaikan penugasan, bahwa hari ini tugas kalian di wilayah Kodam XVI/Pattimura telah berakhir. Untuk itu sebelum meninggalkan wilayah penugasan, adakan inventarisasi terhadap personel, materiil maupun alat perlengkapan lainnya yang dipertanggung jawabkan, baik kepada satuan, maupun kepada prajurit secara perorangan. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari terjadinya permasalahan di kemudian hari.

Di samping itu, perlu saya ingatkan, agar selama dalam perjalanan kembali ke home base yang cukup melelahkan, kalian tetap mengutamakan faktor keamanan, mematuhi dan melaksanakan prosedur embarkasi, debarkasi dan ketentuan yang berlaku di atas Kapal serta menjaga citra TNI dimanapun kalian bertugas dan berada”, kata Pangdam.

Ditambahkan, sebagai prajurit profesional, kita harus senantiasa mengamati setiap perkembangan yang terjadi di lingkungan tempat bertugas dan tidak boleh lengah, karena kelengahan adalah awal dari suatu kekalahan. Setiap prajurit harus dapat berperan sebagai badan pengumpul yang baik, dengan mempunyai kemampuan temu cepat dan lapor cepat sehingga setiap perkembangan ataupun perubahan situasi yang menonjol dapat diantisipasi dengan cepat, tepat dan benar.

Perlu disadari bahwa penugasan yang kalian laksanakan ini adalah dalam rangka melaksanakan tugas negara dan merupakan konsekuensi kita sebagai prajurit yang memiliki jati diri sebagai prajurit rakyat, prajurit pejuang, prajurit nasional dan prajurit profesional yang bertugas menjaga kedaulatan, keutuhan dan keselamatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh sebab itu, laksanakan tugas mulia ini dengan sebaik-baiknya. Jangan sekali-kali kalian bertindak arogan, main hakim sendiri dan sewenang-wenang atau bahkan melakukan tindakan yang dapat merugikan dan menyakiti hati rakyat sehingga dapat merusak citra TNI Angkatan Darat.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan peninjauan kesiapan KM ADRI XLI oleh Pangdam didampingi Kabekangdam, Kapendam, Dansatgas BKO KM ADRI XLI yang lama Kapten Cba M. Kriyosono dan Dansatgas BKO KM ADRI XLI yang baru Kapten Cba Eko Hadi S.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasdam XVI/Ptm Brigjen TNI Tri Soewandono, para Asisten, Pa Ahli Pangdam, LO AL dan AU, serta para Dansat dan Kabalakdam XVI/Ptm. (Pendam16)

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando