Home » » Pasukan TNI Berhasil Bebaskan Sandera Di Papua

Pasukan TNI Berhasil Bebaskan Sandera Di Papua

Written By portal komando on 17 Nov 2017 | 5:25 PM


PK,.PAPUA., Semua warga yang disandera kelompok kriminal bersenjata di Tembagapura, Timika, Papua, dilaporkan berhasil dibebaskan pada Jumat pagi, 17 November 2017 dalam keadaan semua sandera selamat. Kabar pembebasan sandera tersebut disampaikan Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cendrawasih, Kol Inf. M. Aidi melalui pesan singkat kepada Portal Komando.

Disampaikan Kapendam XVII/Cendrawasih, Komando Pasukan Khusus Kopassus (Kopassus) dibantu pasukan Raider 751/Kostrad bergerak cepat menguasai Kimberley, sedangkan 2 Tim dari Taipur Kostrad bertugas menguasai Bunti. "Pada waktu yang di koordinasi pada Jam “J” yakni jam 07.00 WIT, setelah Kimberley berhasil dikuasai Pangdam memerintahkan untuk bergerak menguasai pos-pos pengamanan Separatis TPN/OPN" tuturnya.

Lebih lanjut disampaikan Kol Inf. M. Aidi, tak kurang dari 2 jam pasukan TNI berhasil menguasai seluruh medan berhasil yang dikuasai para separatis. "Mereka (separatis) melarikan diri ke jutan dan gunung. Belum bisa dipastikan apakah kelompok separatis OPM ada yang korban karena cuaca berkabut sangat tebal" imbuh Kapendam. 

Lanjutnya, setelah seluruh wilayah di kuasai dan situasi dinyatakan aman, Pangdam XVII/Cenderawasi berkoordinasi dengan Kapolda agar segera mengirimkan Tim Evakuasi. Tidak lama kemudian Tim Satgas Terpadu TNI/Polri tiba di lokasi melaksanakan evakuasi. Sekitar pukul 14.00 WIT, proses evakuasi para sandera berhasil dilaksanakan dengan jumlah korban sandera 347 orang terdiri dari warga pendatang dan pribumi.

"Sementara penduduk asli setempat memilih tetap tinggal dengan jaminan keamanan dan dukungan logistik. Saat ini pasukan pengaman tetap tinggal di lokasi mengamankan korban dan kampung" pungkas Kapendam XVII/Cendrawasih, Kol Inf. M. Aidi. (AD)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando