Home » » PENANGANAN SAMPAH DAN PENGHIJAUAN DEMI KELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP

PENANGANAN SAMPAH DAN PENGHIJAUAN DEMI KELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP

Written By portal komando on 28 Nov 2017 | 4:40 PM



Sorong,PK,.Kegiatan Penanganan Sampah Dan Penghijauan Dalam Rangka Hari Bhakti Dinas Pekerjaan Umum Ke 72 Tahun 2017, yang dihadiri oleh Wakil Walikota H. Pahimah Iskandar, Kepala BPBD Petrus Karisono, Kepala Basarnas Hadi Sutanto, Kasubdid Tofan Madiswro, Kepala BWS El Roy Koyari, Srk Sukiman, yang bertempat di  Puncak Worot, Klademak, Sorong-Papua Barat, Selasa (28/11).

 Persoalan sampah saat ini produksinya sudah berton-ton perharinya dan tidak jarang dibuang ke sungai atau kanal, sehingga membuat air menjadi tercemar,  saat ini perubahan warna air yang menghitam jelas sudah rercemar, sehingga butuh kesadaran semua pihak untuk mengupayakan ini agar kembali bersih. bahwa upaya mencegah bencana dapat dilakukan yang bersifat konstruktural dan non konstruktural. 
 
Mitigasi bencana konstruktural adalah upaya mencegah bencana melalui upaya yang dilakukan manusia, seperti pembangunan fisik  yang betujuan membangun susuatu dibantaran sungai, kemudian bersama-sama memelihara sungai tersebut agar dapat mengalir secara baik dari hulu ke hilirnya. Sementara mitigasi bencana non konstruktural merupakan upaya yang dilakukan dengan membangun Sumber daya Manusianya.

Bahwa bencana bukan hanya banjir dan bencana lainnya, melainkan penyakit yang menyerang masyarakat seperti demam berdarah. Berkenaan dengan hal tersebut mengajak kepada seluruh masyarakat untuk memelihara infrastruktur yang ada dan menjaga lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan. Diharapkan dengan melakukan tindakan tersebut masyarakat dapat terjaga untuk hidup sehat dan tidak terserang penyakit.

Tujuan acara Penghijauan ini adalah untuk mengurangi dampak pemanasan global, meningkatkan absorbsi gas co2, (carbon dioksida) dan polutan lainnya, mencegah banjir, dan tanah longsor serta meningkatkan upaya konservasi sumber daya genetic tanaman hutan akibat kebakaran dari  dampak  kekeringan  yang berkepanjangan. Tujuan diatas dikaitkan juga dengan mewujudkan pembangunan Indonesia yang bersih. 
 
Akan tetapi, untuk mewujudkan hal tersebut diatas  tidaklah  semudah  membalikkan telapak tangan, sehingga harus ada kepedulian yang tinggi  dari diri sendiri, dengan mewujudkan kesadaran menanam dan memelihara tanaman sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.
 
Oleh karenanya, sangat diharapkan kegiatan penghijauan ini dapat dijadikan sebagai momentum guna menumbuhkan kembali nilai-nilai kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup sebagaimana yang telah dicanangkan pemerintah saat ini dan membantu mengatasi permasalahan bangsa yaitu menurunnya sumber daya genetik tanaman hutan.

Dalam kegiatan ini untuk menjadikan lingkungan kita hijau sehingga mampu memberikan fungsi perlindungan, estetika dan peresapan air hujan. Untuk itu diharapkan dengan adanya acara penghijauan ini, dapat memberikan motivasi dalam  membangun   kesadaran   dan  Semangat masyarakat yang berada di Kota Sorong, agar menumbuhkan kembali nilai-nilai kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup, serta ikut memiliki dan bertanggung jawab dalam menjaga dan memeliharanya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando