Home » » SAMBUT HARI ARMADA RI TAHUN 2017, PRAJURIT KOARMATIM BERSAMA BERSIHKAN KALI MAS

SAMBUT HARI ARMADA RI TAHUN 2017, PRAJURIT KOARMATIM BERSAMA BERSIHKAN KALI MAS

Written By portal komando on 24 Nov 2017 | 4:24 PM


PK,.Surabaya, 24 November 2017 ,.Dalam rangka memperingati Hari Armada RI Tahun 2017 yang jatuh pada tanggal 5 Desember mendatang, Kepala Staf Armada RI Kawasan Timur (Kasarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Robert W. Tappangan, S.H., mewakili Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., membuka dan melaksanakan peninjauan bersih-bersih sungai Kalimas tepat didepan Rumjab Pangarmatim, Jl. Ketabang Kali No. 16 Surabaya s.d. Petekan Jl. Benteng Kalimas Barat, Surabaya, Jum’at (14/11/2017). 

Dalam amanat Pangarmatim yang dibacakan oleh Kasarmatim menyampaikan bahwa, Kalimas merupakan salah satu sungai yang membentang di kota Surabaya dimana Keberadaanya tidak hanya sekedar sebuah sungai, namun Kalimas merupakan sebuah sungai yang memiliki nilai sejarah bagi kehidupan perekonomian kota Surabaya dan juga sejarah kemedekaannya. 

Sejarah mencatat bahwa sungai Kalimas merupakan urat nadi perdagangan laut yang dimanfaatkan sebagai akses ke jantung kota Surabaya pada masa lalu kedalaman dan aliran air Kalimas memungkinkan untuk dilalui oleh kapal-kapal niaga, pada sisi kanan kiri sungai Kalimas banyak berdiri bangunan-bangunan bersejarah yang pada masa itu merupakan gudang komoditas perdagangan. 

Namun jika melihat sungai Kalimas saat ini, menjadi sangat berbeda hal ini terjadi karena pendangkalan yang tinggi dan begitu pesatnya peningkatan jumlah penghuni Surabaya tanpa dibarengi dengan kesadaran pengelolaan lingkungan yang baik dan benar, saat ini juga banyak perubahan dan pembenahan disekitar sungai kalimas namun pada tempat-tempat tertentu masih terdapat pencemaran dan penumpukan sampah yang disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai Kalimas. 

Bersih – bersih Kalimas ini selain memperingati HUT Armada RI 2017 juga memperingati hari Pahlawan, dan kali ini dengan tema “Dengan Semangat hari Pahlawan dan hari Armada 2017 TNI AL dan Rakyat Surabaya bertekad menjadikan Kota Surabaya Green and Clean”, program bersih bersih Kali mas ini digelar mulai tanggal 20 Oktober hingga 4 Desember 2017. 

Kalimas sejauh 6,5 Km dibersihkan dari sampah yang telah lama mengendap di dasar sungai oleh ribuan Prajurit TNI dan beberapa elemen pemerintahan serta Masyarakat di Surabaya. Nantinya sampah yang sudah diambil dari sungai tersebut akan diangkut dengan menggunakan truk sampah sebanyak 25 unit yang berasal dari Koarmatim, Lantamal V, BBWS Brantas, Jasa Tirta, DKP, Dinas PU dan Pasmar. 

Selain itu, panitia juga mengerahkan tiga unit Exavator dan tiga unit Ponton, kendaraan roda tiga, dan juga dilibatkan untuk mempermudah mobilisasi yang berasal dari Koarmatim, Kodiklatal, Lantamal V dan Satlinlamil Surabaya, serta disiapkan mobil Ambulan sebanyak 8 unit. 

Adapun lokasi program bersih bersih kali mas ini terbagi di lima tempat diantaranya yang pertama dari jembatan Yos Soedarso sampai dengan Undaan Kulon, yang kedua dari Undaan Kulon sampai dengan Jembatan Petekan, yang ketiga dari Jembatan Peneleh sampai dengan Jembatan Merah, yang keempat dari Jembatan Merah sampai dengan Kembang Jepun,dan yang terakhir dari sepanjang Jembatan Petekan sampai dengan Jalan Pati Unus. 

Sejak dilaksanakan pengerukan sungai Kalimas ini mulai dari 20 Oktober 2017 sampai dengan saat ini telah diangkut hasil pengerukan sebanyak 700 truk yang semuanya di tampung didermaga II Semampir Ujung Surabaya. 

Selain Prokasih, TNI AL Wilayah Timur khususnya di Surabaya juga melaksanakan bersih-bersih komplek perumahan dinas yangdilaksanakan pada hari Minggu tanggal 26 November 2017 dan hari sabtu 2 Desember 2017, yang rencananya ada 10 komplek perumahan antara lain, komplek perumahan DBAL, Wonosari, JL. Tanjung, Pulungan, Semolowaru, Lanudal, Gunungsari, Gedangan, Kenjeran, Kandangan dan Karang pilang. 

Instansi yang terlibat antara lain Koarmatim, AAL, Kodiklatal, Lantamal V, Satlinlamil Surabaya, Pasmar I, UPT Mabesal, Kodim- 0830,0831 dan 0832, TNI AU, Polrestabes dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Pemkot Surabaya, Terminal peti kemas Surabaya(TPS), BBWS Wilayah Sungai Brantas, Jasa Tirta Surabaya,Saka Bahari dan Warga Surabaya yang tinggal disekitar aliran sungai Kalimas. 

Hadir dalam acara tersebut, para Asisten Pangarmatim, Kasatker, serta Prajurit dan ASN Mako Koarmatim.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando