Home » » Tim Rehab Denpal Divif 2 Kostrad Uji Coba Kendaraan

Tim Rehab Denpal Divif 2 Kostrad Uji Coba Kendaraan

Written By portal komando on 17 Nov 2017 | 3:12 PM


PK,.MALANG,.(Penkostrad. Jumat, 17 November 2017). Tim rehab kendaraan Detasemen Peralatan Divif 2 Kostrad melaksanakan kegiatan uji coba  kendaraan truk dan bis yang telah selesai direhab oleh tim mekanik handal dari tiap kompi peralatan. Dengan mengambil rute Singosari-Juanda (Sidoarjo)-Singosari yang disesuaikan dengan prosedur pengujian kendaraan, Singosari, (16/11). 

Pasiminlog Denpal Divif 2 Lettu Cpl Kukuh Santoso mengatakan bahwa kegiatan uji coba kendaraan yang telah selesai rehab berfungsi untuk mengetahui kualitas komponen – komponen kendaraan dan sebagai evaluasi hasil pengerjaan terhadap fungsi komponen tersebut.

Dalam aturan pelaksanaan uji coba kendaraan harus memenuhi beberapa persyaratan diantaranya harus ada penguji yang mempunyai kompetensi dalam bidang kendaraan serta adanya rute yang bisa mencakup segala aspek diantaranya berupa trek pengujian kecepatan tinggi, trek pengujian tanjakan dan turunan.

“Dengan berbagai pertimbangan maka dipihlah rute Singosari-juanda-singosari yang mempunyai karakter jalan lurus, tanjakan serta bermacam jenis tikungan, sehingga sangat cocok untuk dipergunakan uji coba kendaraan”, tambah Pasiminlog.

Adapun pengecekan kualitas kendaraan meliputi sistem pendingin ( cooling system ) yang dipantau apakah selama perjalanan kendaraan mengalami over heat. Sistem transmisi (transmission systems) yaitu untuk mengetahui fungsi perpindahan tenaga atau putaran mesin dari kopling ke poros propeller. Sistem suspensi ( suspension systems) untuk mengetahui tingkat kenyamanan selama di jalan, berfungsi sebagai peredam kejut. Sitem pengereman ( brake systems ) untuk melihat tingkat keamanan dalam hal mengurangi kecepatan atau menghentikan laju kendaraan. Sistem kelistrikan ( electrical systems ) untuk melihat fungsi kelistrikan mesin, bodi dan asesoris .

Uji coba dilakukan agar dapat diketahui kekurangan-kekurangan selama proses pengerjaan kendaraan,sehingga dengan adanya temuan yang berbentuk kumpulan data mengenai kendaraan yang direhab akan bisa meningkatkan kenyamanan dan keamanan serta kelayakan saat satuan pemakai menggunakan kendaraan tersebut. Berbagai upaya dilakukan untuk menyempurnakan kekurangan kecil guna tercapainya hasil akhir pengerjaan yang maksimal.

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando