Home » » TNI-Polri Evakuasi Warga Kampung Banti Dan Kimbeli

TNI-Polri Evakuasi Warga Kampung Banti Dan Kimbeli

Written By portal komando on 20 Nov 2017 | 4:51 PM


PK,.Timika, (20/11). Penyanderaan yang dilakukan oleh kelompok separatis bersenjata berhasil diatasi oleh Satgas gabungan TNI dan Polri sehingga membuat kelompok separatis melarikan diri. 
 
Namun upaya penindakan tersebut masih menyisakan permasalahan sosial dimana warga masyarakat yang selama ini disandera harus dievakuasi ke lokasi yang aman. Menindaklanjuti hal tersebut, Satgas Terpadu TNI-Polri melaksanakan evakuasi lanjutan terhadap warga di Kampung Banti dan Kimbeli,

Kegiatan evakuasi ini dilaksanakan dengan pengawalan ketat aparat TNI dan Polri untuk menghindari jatuhnya korban dari warga sipil. TNI-Polri pun menjemput masyarakat sambil membantu membawakan barang-barang yang diperlukan. Jarak yang ditempuh dari kampung Kimbeli menuju Polsek Kuala sendiri sekitar 4 km dan harus ditempuh dengan berjalan kaki serta jalannya berupa tanjakan yang cukup curam. Lelah tidak dihiraukan oleh Prajurit karena hal ini murni demi rasa kemanusiaan.

Sebelumnya warga asli menolak untuk dievakuasi karena Kampung Banti dan Kimbeli merupakan tanah kelahirannya. Namun karena mereka takut dengan ancaman dari kelompok separatis sehingga memutuskan untuk dievakuasi oleh Satgas Terpadu dengan menggunakan 11 Bus dari PT. FI.

Para pengungsi merupakan masyarakat asli Papua dengan jumlah sekitar 803 orang dan akan ditampung di gedung Eme Neme Yauware yang sudah disiapkan oleh Pemda Mimika dan TNI/Polri. Disana mereka akan ditangani kesehatannya dan ditampung sementara di Gedung Eme Neme Yauware ataupun kembali ke rumah saudaranya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando