KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » Uniknya Peringatan Hari Pahlawan Di SMKN 8 Jember

Uniknya Peringatan Hari Pahlawan Di SMKN 8 Jember

Written By portal komando on 10 Nov 2017 | 7:26 PM



Jember. Upacara dalam rangka peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2017 Pukul 09.00 Wib disamping dilaksanakan ditingkat Kabupaten Jember yang dilaksanakan di Alun-alun Jember, segenap sekolahan dari tingkat Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi juga melaksanakannya disekolah dan kampus masing-masing.

Hal tersebut tentunya dalam rangka mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan Bangsa Indonesia dari cengkeraman penjajahan.

Seperti halnya di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 8 Jember yang terletak Di Ds Semboro Kec Semboro Kab Jember yang juga mengadakan upacara peringatan Hari Pahlawan, namun demikian apa yang dilakukan oleh sekolahan ini memang dapat dikatakan lain daripada yang lainnya.

Sehari sebelumnya siswa-siswi SMKN 8 Jember tersebut telah mengadakan pelatihan hidroponik kepada para veteran dan purnawirawan dengan harapan dapat memberikan sesuatu berupa ketrampilan bercocok tanam dengan tehnik khusus sehingga menghemat penggunaan tanah dan lahan, sebagai bagian dalam memberikan kegiatan ekonomi produktif bagi para veteran dan purnawirawan.

Sebelum upacara dimulai ditampilkan drama kolosal yang menceritakan tentang perjuangan arek-arek Surabaya dalam pertempuran melawan penjajah Belanda.

Kemudian pada pelaksanaan acara Upacara Hari Pahlawan 10 Nopember 2017 inipun cukup unik, disamping para dewan guru dan siswanya menggunakan pakaian adat serta Kepala Sekolah Suprihgartono, S.Pd, MM sebagai Inspektur Upacara menggunakan pakaian pejuang.

Demikian pula yang hadir sebagai undangan disamping Danpos Ramil 0824/31 Semboro dengan seluruh anggotanya, para veteran dan purnawirawan juga turut diundang untuk bersama-sama melaksanakan Upacara Hari Pahlawan yang ke 72.

Menyikapi kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824 Jember saat dikonfirmasi menyatakan bahwa apa yang dilakukan oleh SMKN 8 Jember patut mendapatkan apresiasi dan perlu ditiru oleh sekolah-sekolahan lainnya.

Mereka tidak hanya melaksanakan peringatan Hari Pahlawan ini dengan kegiatan seremonial saja tetapi mereka berupaya mengajak siswa-siswi memberikan sesuatu ketrampilan yang memiliki nilai ekonomi kepada para veteran dan purnawirawan untuk meningkatkan kesejahteraannya. (sis24)

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando