KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » UPACARA DALAM RANGKA HUT KE-72 KORPS MARINIR DI MAKO LANTAMAL XIV

UPACARA DALAM RANGKA HUT KE-72 KORPS MARINIR DI MAKO LANTAMAL XIV

Written By portal komando on 15 Nov 2017 | 11:47 AM

Sorong, 15 November 2017. Pada hari Rabu tanggal 15 November 2017, bertempat di Lapangan Mako Lantamal XIV Sorong Jl. Bubara No. 1 Sorong, Prov. Papua Barat, telah dilaksanakan Upacara Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Korps Marinir di Mako Lantamal XIV, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Kolonel Mar. Anif Hidayat (Wadan Lantamal XIV), Komandan Upacara (Danup) Kapten Mar. William David Haley (Pasi Ops Yonmarhanlan XIV) dan Perwira Upacara Lettu Mar. Andi Basori Yusuf (Pjs. Dankima).
Dalam amanat Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E.,M.A.P. yang dibacakan Irup Kolonel Mar. Anif Hidayat dikatakan bahwa: “Peringatan Hari Ulang Tahun Korps Marinir KE-72 Tahun 2017, merupakan momentum yang tepat bagi Korps Marinir sebagai salah satu komponen TNI Angkatan Laut untuk terus memantapkan jati diri dalam pengabdian kepada bangsa dan negara, sebagaimana tema yang diambil dalam peringatan kali ini yaitu “MARINIR PRAJURIT PEJUANG DAN PROFESIONAL”. Tema tersebut memiliki makna yang cukup dalam. Sebagai prajurit pejuang, prajurit marinir dituntut untuk memiliki sikap pantang menyerah dalam melaksanakan setiap tugas yang diberikan kepadanya. 
Sedangkan sebagai prajurit profesional, prajurit Marinir dituntut untuk senantiasa membina kemampuan dan mempertajam naluri tempur dalam menyongsong setiap penugasan yang akan datang. Kesiap siagaan menjadi hal yang sangat penting ketika dihadapkan dengan perubahan lingkungan strategis yang sangat dinamis”.
Lebih lanjut Kasal mengatakan: “Seperti yang kita ketahui bersama, Korps Marinir telah memberikan kebanggaan dan citra positif bagi TNI Angkatan Laut dengan berbagai keberhasilan dalam pelaksanaan tugas yang diberikan, baik dalam operasi militer perang maupun operasi militer selain perang. Sejarah telah membuktikan bagaimana keberanian dan sikap tidak kenal menyerah prajurit-prajurit Korps Marinir dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Demikian juga dalam mengisi Kemerdekaan, prajurit Marinir telah banyak memberikan kontribusi dan manfaat yang bisa secara langsung dirasakan oleh masyarakat”.
“Harus dipahami juga bahwa keberhasilan Korps Marinir tidak lepas dari dukungan dan kerja sama dengan masyarakat. Hal ini terjadi karena tumbuhnya kepercayaan dari masyarakat. Untuk itu, kepercayaan dan kebersamaan tersebut harus teru dibina dan dipertahankan. Hadirin dan peserta upacara yang saya banggakan. 
Dalam rangka meningkatkan kemampuan tempur Marinir guna menghadapi perkembangan lingkunan strategis yang semakin cepat, maka dibutuhkan ekspansi kekuatan di daerah serta modernisasi alutsista di dibidang organisasi, direncanakan perubahan nama Korps Marinir menjadi Komando Korps Marinir setingkat Kotama Operasi dan Pembinaan, pembentukan Pasmar 3 di Sorong, pembentukan Yonmarhanlan di Pontianak, Tarakan dan Sorong”.
Hadir pada Upacara Memperingati HUT Korp Marinir ke-72 tahun 2017 di lapangan Mako Lantamal XIV diantaranya: para Asisten Danlantamal XIV, para Kadis/Kasatker, para Perwira, Bintara, Tamtama di lingkungan Mako Lantamal XIV dan Yonmarhanlan XIV serta Aparatur Sipil Negara (ASN) Lantamal XIV Sorong.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando