Home » » 1.405 Casis Diktukba TNI AL Jalani Pantukhir Di Kodiklatal

1.405 Casis Diktukba TNI AL Jalani Pantukhir Di Kodiklatal

Written By portal komando on 18 Des 2017 | 7:39 PM



SURABAYA,.Kodiklatal, (18/12) Sebanyak 1.405 prajurit strata Tamtama TNI AL dari berbagai Kotama TNI AL melaksanakan sidang Penentuan Akhir (Pantukhir) guna memperebutkan kursi dalam program Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) TNI AL Angkatan ke-47 tahun 2017 yang dilaksanakan di Gedung Moeljadi Kesatrian Bumimoro, Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Surabaya.

Hadir dalam kesempatan tersebut para pejabat TNI AL terkait dan menentukan kelulusan dari calon peserta didik diantaranya Wadan Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Kasirun Situmorang, S.H, Kepala Dinas Administrasi Personel Angkatan Laut (Kadisminpersal) Laksma TNI Tejo Sukmono, Kepala Dinas Pendidikan Angkatan Laut (Kadisdikal) Laksma TNI Manahan Simorangkir, S.E. M.Sc, dan pejabat personel terkait lainnya.

Dari jumlah 1.405 peserta tes tersebut terdiri Korps Pelaut Pelaut, Korps Marinir, Korps dukungan umum yang meliputi Teknik, Elektronika, Suplai, Kesehatan, Khusus dan Pomal. Adapun para peserta pantukhir tersebut mayoritas berpangkat Kopral Dua (Kopda) hingga Kopral Kepala.

Selesai melaksanakan Pantukhir, selanjutnya para peserta yang dinyatakan lulus seleksi, akan langsung digeser ke Pusat Latihan dan Pendidikan Dasar Kemiliteran (Puslatdiksarmil) Kodiklatal yang berlokasi di Juanda Sidoarjo, untuk selanjutnya mengikuti Pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) yang rencananya akan dibuka langsung Komandan Kodiklatal.

Sementara yang tidak lolos masih diberi kesempatan untuk mengulang tes tahun berikutnya dengan mempersiapkan diri lebih bagus. Dalam penerimaan Diktukba tersebut animo peserta tes sangat banyak sedangkan seat yang dibutuhkan terbatas dan hanya berlangsung satu kali dalam satu tahun.

Sebelum melaksanakan Panthukir para Casis Diktukba tersebut terlebih dahulu melaksanakan beberapa seleksi diawali pemeriksaan administrasi (Rikmin) dilanjutkan tes kesehatan umum, kesehatan Jiwa (Keswa), tes Mental Idiologi (MI), tes Psikologi dan tes Kesegaran Jasmani atau Samapta.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando