Home » » Aspotdirga : Potdirga Untuk Pemberdayaan Dan Pertahanan Udara

Aspotdirga : Potdirga Untuk Pemberdayaan Dan Pertahanan Udara

Written By portal komando on 15 Des 2017 | 9:57 AM

Aspotdirga Kasau Marsekal Muda (Marsda) TNI Agus Munandar, S.E. membacakan sambutan pada acara Rapat Kerja Teknis Potdirga Angkatan Udara (Rakernispotdirga) di Wisma Bimasakti,Pancoran Jakarta (14/12).
Peserta Rakernispotdirga dari satuan TNI Angkatan Udara di seluruh wilayah Indonesia saat menerima pembekalan.

PK,.JAKARTA,. Mabesau Cilangkap, (14/12) Sebagai alat pertahanan Negara matra udara TNI Angkatan Udara mempunyai tugas melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan udara dan pertahanan Negara.

Asisten Potensi Dirgantara (Aspotdirga) Kasau Marsekal Muda (Marsda) TNI Agus Munandar, S.E. mengatakan Spotdirga menyelenggarakan fungsi dibidang potensi dirgantara (fungsi pembinaan territorial matra udara) yang diwujudkan dalam kegiatan pembinaan potensi dirgantara, yang meliputi pembinaan komunikasi sosial dirgantara (komsosdirga), ketahanan wilayah dirgantara (tahwildirga) dan bakti TNI AU.

“Apa yang dilakukan Spotdirga selama ini merupakan upaya TNI Angkatan Udara membantu pemerintah menyelenggarakan pertahanan Negara dan mensejahterakan masyarakat sekaligus menciptakan suasana yang kondusif ” kata Aspotdirga dalam sambutannya saat membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Potdirga TA 2017, di Wisma Bimasakti,Pancoran Jakarta (14/12).

Rakernispotdirga TA 2017 yang dihadiri para Kadis, Sesdis jajaran Spotdirga dan pejabat terkait di Kotamaops TNI AU, dimaksudkan untuk mengevaluasi kegiatan pembinaan potensi dirgantara yang telah dilaksanakan oleh satuan tni angkatan udara di seluruh wilayah indonesia dalam rangka menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan negara aspek udara.

Lebih lanjut Aspotdirga mengatakan potensi dirgantara meliputi pembinaan komunikasi sosial dirgantara (komsosdirga), ketahanan wilayah dirgantara (tahwildirga) dan bakti TNI AU.

Pelaksanaan kegiatan binpotdirga oleh satuan tidak hanya berupa olahraga dirgantara dan pramuka saka dirgantara namun juga menuntut peran serta satuan tni angkatan udara dalam memanfaatkan sumber daya manusia (sdm), sumber daya alam/buatan (sda/b), dan sarana prasarana lainnya yang terdapat diwilayahnya masing-masing.

“Potensi tersebut harus kita bina dan berdayakan menjadi bagian dari komponen pertahanan Negara”, tambah Aspotdirga.

Sedangkan binkomsosdirga dapat dilakukan satuan dengan mengadakan seminar, loka karya, fgd maupun kegiatan komunikasi sosial lainnya seperti pertemuan dan kunjungan terhadap instansi diluar TNI AU.

Untuk kegiatan bakti TNI AU dapat dilakukan satuan dengan melaksanakan karya bakti maupun operasi bakti baik secara mandiri maupun bersama dengan instansi lain.

Rakernis Potdirga 2017 mengusung tema “Melalui Rakernis Potdirga TA 2017 kita wujudkan pemberdayaan potensi dirgantara di seluruh wilayah indonesia”. Dengan harapan peran serta satuan tni angkatan udara memiliki pola pikir, pola sikap dan pola tindak yang sistematis dan terukur sehingga sasaran pembinaan potensi dirgantara dapat terwujud sesuai dengan tugas tni angkatan udara sebagai penegak kedaulatan di wilayah udara Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando