Home » » Dandim 0824 Bersama Ka BPBD Jember Sosialisasi Penanggulangan Bencana Alam Kepada Masyarakat Daerah Rawan Bencana

Dandim 0824 Bersama Ka BPBD Jember Sosialisasi Penanggulangan Bencana Alam Kepada Masyarakat Daerah Rawan Bencana

Written By portal komando on 6 Des 2017 | 5:28 PM



Jember. Perubahan cuaca ekstreem perlu adanya kewaspadaan tinggi oleh berbagai pihak termasuk masyarakat sendiri, sehingga pada Rabu 06/12/2017 Pukul 08.00 Wib bertempat di Balai Desa Curah Takir dan Balai Desa Sanenrejo dilaksanakan acara sosialisasi penanggulangan bencana bagi masyarakat daerah rawan bencana.

Hadir sebagai pemateri diantaranya Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Rudianto dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Widi Prasetyo, sebagai audensi didantaranya Muspika Tempurejo dan Muspika Sempolan masing-masing beserta masyarakatnya sekitar 250 orang.

Acara diawali dengan transit di Markas Koramil 0824/09 Tempurejo, selanjutnya menuju Balai Desa Curah Takir untuk memberikan sosialisasi kepada 250 orang masyarakat, selanjutnya meninjau lokasi rawan longsor di Dsn Mandilis Ds Curah Takir.

Dalam sosialisasi tersebut Ka BPBD Jember Widi Prasetyo menyampaikan kondisi cuaca saat ini sesuai informasi dari BMKG dimana curah hujan relatir tinggi sehingga perlu adanya kesiapsiagaan kita semua, terkait dengan hal tersebut BPBD Jember telah membuka Posko Siaga Darurat bencana yang standby selama 24 Jam, untuk itu apabila terjadi bencana hendaknya sesegera mungkin meninformasikan kepada Posko Siaga Darurat Bencana tersebut.

Labih lanjut Widi Prasetyo menyatakan bahwa sarana prasarana yang dimiliki oleh BPBD Jember juga telah dipersiapkan semua, sesuai dengan adanya Posko Siaga Darurat Bencana yang sudah berjalan 3 hari ini.

Selanjutnya Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto pada sosialisasinya menyampaikan apabila sampai terjadi bencana disuatu wilayah merupakan tanggung jawab kita semua dalam melakukan langkah-langkah penanggulangan, jangan sampai hanya mengandalkan BPBD saja karena tenaga BPBD sangat terbatas.

Keberadaan 3 Pilar diwilayah hendaknya mampu dimanfaatkan untuk upaya lapor cepat sehingga BPBD bersama Basarnas beserta relawan TNI dan lain-lain mampu bertindak dengan cepat guna meminimalisir korban.

Kondisi perubahan cuaca saat ini perlu kepekaan kita semua baik unsur terkait yang ada diwilayah maupun masyarakat itu sendiri sehingga kalau sewaktu waktu terjadi bencana alam mampu meminimalisir bahkan menghindari adanya korban manusia. Tegas Letkol Inf Rudianto. (sis24)



Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando