Home » » Danramil 06/Kesugihan Berikan Materi Wasbang Kepada 30 Anggota IPNU & IPPNU

Danramil 06/Kesugihan Berikan Materi Wasbang Kepada 30 Anggota IPNU & IPPNU

Written By portal komando on 28 Des 2017 | 9:38 PM


Cilacap - Danramil 06/Kesugihan, Kapten Inf. Agus Sudarso berikan materi Wawasan Kebangsaan kepada 30 anggota IPNU dan IPPNU ranting Desa Kesugihan dalam rangka kegiatan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) yang dilaksanakan di TPQ Al Hikmah, Dusun Muktisari, Kecamatan Kesugihan,Kabupaten Cilacap, Kamis (28/12).

Dalam materi tertema Membangun Karakter Pemuda Indonesia, Danramil 06/Kesugihan, Kapten Inf. Agus Sudarso  memaparankan bagaimana seharusnya pemuda di era globalisasi seperti saat ini dengan berbagai modernisasi dan multi pengaruh.

“Kesiapan mental, kesiapan pengetahuan dan wawasan akan kebangsaan sangat dibutuhkan apabila ingin berperan serta mempertahankan keselamatan bangsa, keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” paparnya.

Selain itu, dimensi ancaman terhadap karakter pemuda sebagai generasi penerus bangsa sangat signifikan. Hal tersebut dapat kita temui di setiap media sosial  maupun media lainnya. Dimana banyak kaum muda yang terjebak pada berbagai permasalahan yang sangat merugikan kelangsungan bangsa ke depan, diantaranya narkoba, isu-isu radikal, pergaulan bebas dan lain-lain,” terangnya.

Bahkan Danramil juga memberikan gambaran dimensi ancaman Bangsa Indonesia saat ini dan di masa mendatang diantaranya, Proxy War yaitu perang Proxy yang samar akan siapa kawan siapa lawan.

"Dengan proxy war tersebut kita dibuat tidak terasa dikendalikan pihak asing untuk mersusak persatuan dan kesatuan sebagai sendi kekuatan Bangsa Indonesia, dengan propaganda dan isu-isu melawan kebijakan pemerintah. Sehingga sekelompok orang tergerak untuk berunjukrasa bahkan anarkis dan lain-lain,” tambahnya.

Belum lagi masalah krisis energy yang mengancam dunia, kata dia lebih lanjut. Dimana semnakin tahun penduduk dunia semakin meningkat. Sehingga konsumsi akan energy, air dan pangan semakit meningkat pula. Sedangkan sumber daya alamnya semakin habis, air semakin habis, tambang dan pangan juga akan semakin habis.

“Sehingga Negara kita yang terletak di garis equator dengan tingkat kesuburan yang memadai dan kekayaan sumber alamnya yang banyak akan menjadi bahan rebutan oleh Negara asing untuk diekploitasi, bahkan saat ini sudah terjadi,” terangnya.

Kapten Agus Sudarso juga menegaskan bahwa peran pemuda tidak boleh tidak harus memanfaatkan waktu untuk mencari ilmu dan terus belajar. Sehingga dapat mengelola sumber daya alam yang ada.

“Menambah wawasan melalui kegiatan-kegiatan seperti ini misalnya. Sehingga paham akan kondisi yang akan dihadapi. Hindari pergaulan bebas, pergaulan yang tidak menguntungkan apalagi justru menjebak pada permasalahan Kriminal, hukum dan lain-lain. Karena kelak anda-anda lah yang menjadi pemimpin bangsa ini. 

Karena di pundak kalianlah tanggung jawab kepemimpinan negara di masa yang akan datang. Sehingga tidak ada kata lain kalau ingin mempertahankan Keselamatan Bangsa, Keutuhan dan Kedaulatan NKRI hingga akhir jaman, pemuda kita harus memiliki kesiapan yang memadai,” tegas Kapten Agus Sudarso.

Wawasan Kebangsaan seperti ini, lanjutnya, adalah bagian dari Program Pembinaan Teritorial yaitu Pembinaan Sumberdaya Manusia sebagai potensi pendukung dalam kompartemen pertahanan Negara yang menganut Sistem Pertahanan Semesta. 
(S-Pendim Cilacap)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando