Home » » GUBERNUR AAL PIMPIN UPACARA PERINGATAN HARI NUSANTARA 2017

GUBERNUR AAL PIMPIN UPACARA PERINGATAN HARI NUSANTARA 2017

Written By portal komando on 13 Des 2017 | 12:57 PM



Surabaya, 13 Desember 2017,- Gubernur Akademi Angkatan Laut (Gubernur AAL) Laksamana Muda TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M. memimpin upacara peringatan Hari Nusantara Tahun 2017 di lapangan Arafuru, Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya, Rabu (13/12).

Hadir dalam upacara peringatan Hari Nusantara Tahun 2017 Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Suhono, pejabat utama dan Kasatker jajaran Akademi Angkatan Laut.

Pasukan upacara terdiri dari prajurit Akademi Angkatan Laut meliputi kompi Perwira Pertama, Bintara, Tamtama dan kompi Aparatur Sipil Negara Akademi Angkatan Laut serta deputasi Perwira Menengah Akademi Angkatan Laut. Rangkaian upacara diawali dengan prosesi penaikan bendera Sang Merah Putih, pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara diikuti seluruh peserta upacara, pembacaan Pembukaan UUD 1945, pembacaan Deklarasi Djoeanda, amanat dan ditutup dengan do’a.

Pada upacara peringatan Hari Nusantara Tahun 2017 ini Gubernur AAL Laksda TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M. membacakan sambutan tertulis Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti Selaku Ketua Harian Dewan Kelautan Indonesia. Dalam sambutannya Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti menyampaikan upacara peringatan Hari Nusantara yang dilaksanakan setiap tanggal 13 Desember ini untuk memperingati Deklarasi Djoeanda yang dicetuskan pada tanggal 13 Desember 1957 oleh Perdana Menteri Djoeanda Kartawijaya.

Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan, perjuangan bangsa Indonesia agar konsep Deklarasi Djoeanda diterima dunia internasional akhirnya berbuah hasil pada UNCLOS (United Nations Convention on the Law of the Sea) tahun 1982 yang mengukuhkan Indonesia sebagai negara kepulauan yang berdaulat, bahwa laut Indonesia merupakan pemersatu dan bukan pemisah negara, sehingga tercipta sebuah kedaulatan yang utuh bagi bangsa Indonesia dalam menentukan masa depannya.

Menteri Susi Pudjiastuti mengatakan Kementerian Kelautan dan Perikanan telah berupaya menjaga sumber daya perikanan di Indonesia dengan mengeluarkan kebijakan yang mengatur tentang alat penangkap ikan, cara penangkapan ikan dan berbagai kebijakan lain untuk kesejahteraan rakyat Indonesia khususnya para nelayan Indonesia.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando