Home » » JELANG HUT KE-55 KORPS WANITA ANGKATAN LAUT GELAR SARASEHAN

JELANG HUT KE-55 KORPS WANITA ANGKATAN LAUT GELAR SARASEHAN

Written By portal komando on 19 Des 2017 | 6:52 PM


PK,.Jakarta, 19 Desember 2017 --Dalam rangka memeringati dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) yang ke-55 Tahun 2018, Kowal Wilayah Jakarta menggelar Sarasehan dan Pelepasan Kowal Purnawirawan (Purn) Wilayah Jakarta, Selasa (19/12) di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur.

Kegiatan Sarasehan Kowal yang bertemakan "Menuju Kowal Yang Bermartabat" menghadirkan dua narasumber yakni Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Kadiskesal) Laksamana Pertama TNI drg. R.A. Nora Lelyana, M.H., Kes., dan Perwira Pembinaan Korps Wanita Angkatan Laut (Pabin Kowal) Letkol Laut (KH/W) Dewi Lestari, S. Pd. Sedangkan Keynote Speech pada kesempatan itu disampaikan oleh Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Danpuspomal) Brigadir Jendela TNI (Mar) I Ketut Suardana, S.H., dan bertindak selaku moderator yaitu Letkol Laut (S/W) Sri Sukesih, S.H.

Pada Keynote Speech nya dalam kesempatan tersebut Danpuspomal memberikan berbagai arahan diantaranya pentingnya Peraturan Militer Dasar (Permildas), pentingnya pembinaan fisik (Binsik), berbagai kategori yang tergolong dengan tindak pidana, sanksi administrasi, peristiwa yang termasuk kategori kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), hingga himbauan penggunaan media sosial. "Bijaksana dalam menggunakan media sosial dan peliharalah komunikasi yang baik dengan anak dan keluarga untuk dapat selalu bersyukur", ungkap Danpuspomal.

Dalam kesempatan yang sama, Pabin Kowal menjelaskan mengenai hal-hal terkait dengan visi dan misi Kowal, selain itu Perwira Pembina tersebut juga menjelaskan peranan dari Perwira Tertua (Pater) dan Bintara Tertua (Bater) dari Kowal yang berada di seluruh kesatuan TNI Angkatan Laut dari Lantamal I Belawan hingga Lamtamal XIV Sorong, hingga penyampaian terkait penggunaan hijab pada para personel Kowal.

Sedangkan Kadiskesal dalam pengarahannya menjelaskan bahwa jajaran Kowal harus bermartabat dan profesional, maka TNI AL akan kuat, menurutnya kedudukan manusia yang terhormat sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang memiliki akal budi mendapat tempat tertinggi dibanding makhluk hidup yang lain. Wan TNI yang juga merupakan Perwira Tinggi TNI AL tersebut juga menyampaikan terkait kiprah dan penugasan Kowal selama ini, perjalanan dan perjuangannya saat masuk atau tes menjadi Kowal, hingga lahirnya Kowal baru bersumber dari Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL).

"Kita harus selalu ingat betapa sulit menjadi Kowal, kita juga harus bangga dengan prestasi Kowal didalam negeri maupun di luar negeri, harus saling mengingatkan satu sama lainnya, para senior harus menjadi contoh yang baik sebagai teladan untuk adik-adiknya serta optimalkan peran Kowal sesuai dengan peran dan fungsi sebagaimana terkandung dalam motto Kowal yaitu Pengabdian dan Kehormatan adalah Jiwaku", tegas Kadiskesal.

Diakhir kegiatan, dilaksanakan pelepasan Purnawirawan Kowal wilayah Jakarta periode 2016-2017, yakni Kolonel (Purn) Noor Trisnawati, B.SC., S.K.M., M.Kes., Kolonel (Purn) dr. Sri Kartini, SP.Rad., dan Letkol (Purn) Eva Heriawaty, S.H. Tradisi pelepasan itu dilengkapi dengan lilin-lilin yang dibawakan para Kowal sehingga menghiasi langkah para Purnawirawan tersebut memasuki masa purna tugas.

Turut hadir dalam kegaiatan Sarasehan Kowal yaitu Hakim Militer Utama Mahkama Agung RI Laksamana Pertama TNI dr. Sinoeng Hardjanti, S.H., M.Hum., Pakor Kowal wilayah Jakarta, para Pater Kowal wilayah Jakarta, Pakor Kowal wilayah Timur, Pater Kowal Komando Armada RI Kawasan Timur, Pater Kowal AAL, Pater Kowal Lantamal I, II, IV, V, XII dan para Pater terkait lainnya serta para Kowal dari satuan-satuan TNI Angkatan Laut.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando