Home » » Lanal Cilacap - PT. Pelindo III Gelar Bersih-Bersih dan Tanami Mangrove Pantai Logending Kebumen

Lanal Cilacap - PT. Pelindo III Gelar Bersih-Bersih dan Tanami Mangrove Pantai Logending Kebumen

Written By portal komando on 21 Des 2017 | 10:48 AM



Lantamal V (21/12),---Peringati Hari Armada RI Tahun 2017, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cilacap Lantamal V bekerjasama dengan PT. Pelindo III Tanjung Intan Cilacap menggelar aksi bersih-bersih pantai dan penanaman bibit mangrove bersama Masyarakat serta instansi Pemerintahan Kabupaten Kebumen di Obyek Wisata Pantai Logending Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen, Kamis (21/12).

Sebelumnya Lanal Cilacap sukses menggelar acara “Gowes Bersama” pada Minggu kemarin (17/12.Red) yang diikuti sedikitnya 2500 peserta baik perorangan maupun Komunitas sepeda.

Menurut Danlanal Cilacap Kolonel Laut (P) Agus Prabowo, kegiatan bersih-bersih pantai dan penanaman mangrove ini juga selaras dengan program Kabupatrn Kebumen dan giat ini juga salah satu dari beberapa kegiatan yang diselenggarakan oleh Lanal Cilacap untuk mengisi dan memeriahkan Hari Armada Th. 2017.

Kegiatan ini diikuti oleh 250 peserta dari berbagai unsur baik dari pemerintah daerah, TNI-Polri, Masyarakat serta siswa-siswi sekolah yang turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Untuk kegiatan bersih-bersih pantai dilaksanakan disepanjang Pantai Logending, sedangkan penanaman mangrove dilaksanakan disepanjang Bantaran Kali Bodo Desa Candirenggo Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen.

Komandan Lanal Cilacap menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh yang terlibat dalam kegiatan tersebut. “Selaku Danlanal Cilacap dan pribadi menyampaikan terima kasih kepada segenap komponen masyarakat yang sudah datang dengan tulus ikhlas dan kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya kegiatan ini”, ujarnya.

Kegiatan ini adalah suatu perwujudan kontribusi nyata sebagai warga bangsa yang peduli terhadap lingkungan hidup oleh sebab itu kebersamaan kita menanam pohon dan bersih-bersih pantai pada hari ini merupakan modal yang sangat berharga untuk kestabilan alam dapat terus terjaga dan terlindungi.

Dalam rangka peringatan Hari Armada tahun 2017 ini, pangkalan TNI Angkatan Laut bersama unsur-unsur terkait dan segenap warga masyarakat serta para generasi muda bangsa, bersama-sama berupaya meningkatkan kebersihan lingkungan dan melakukan penanaman pohon sebagai usaha penghijauan lingkungan dan mencegah terjadinya bencana banjir, aberasi, longsor dan mengurangi polusi. Sedangkan jumlah mangrove yang ditanam sebanyak 4.000 pohon.

Hadir dalam acara bersih-bersih pantai dan penanaman mangrove antara lain Wakil Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfudz, GM Pelindo III Tanjung Intan Cilacap Budi Siswanto, Bambang Priambodo, S.Sos Camat Kec. Ayah Kab. Kebumen, Danramil 22 Ayah Kab. Kebumen, Kapolsek Ayah Polres Kebumen, Kasatairud Polres Kebumen, perwakilan dari KSOP dan Distrik Navigasi Kab. Cilacap serta Tokoh Masyarakat.

Wakil Bupati Kebumen dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada institusi TNI AL dalam hal ini Lanal Cilacap atas terselenggaranya kegiatan ini, semoga kegiatan ini dapat menjadi tauladan yang baik dalam menciptakan budaya bersih di kalangan masyarakat kawasan pantai selatan khususnya Kabupaten Kebumen.

Menurut Bupati, sampai dengan saat ini telah terbangun kawasan hutan mangrove di pesisir pantai Longending ini seluas 56 Hektar, Kabupaten Kebumen sebagai daerah yang berpotensi tsunami mempunyai misi uniuk mengembangkan kawasan mangrove ini sebagai peredam bencana tsunami atau sering disebut dengan istilah sabuk hijau (green belt).
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando