Home » » Lanal Malang Peringati Hari Nusantara Tahun 2017

Lanal Malang Peringati Hari Nusantara Tahun 2017

Written By portal komando on 15 Des 2017 | 8:48 AM


Lantamal V (14/12),--- Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Malang Lantamal V, Kolonel Laut (E) Gendut Sugiono,S.H. memimpin langsung upacara peringatan Hari Nusantara di lapangan apel Mako Lanal Malang yang diperingati setiap tanggal 13 Desember kemarin. 

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati deklarasi Djoeanda yang dicetuskan pada 13 Desember 1957 oleh Perdana Menteri Djoeanda Kartawijaya. Upacara diikuti oleh satu peleton deputasi perwira satu peleton Kowal , satu peleton bintara/tamtama dan satu peleton ASN Lanal Malang. 

Dalam amanat Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan yang dibacakan oleh Irup bahwa Deklarasi Djoeanda pada tanggal 13 Desember 1957 merupakan tonggak bagi penyatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang utuh dan diantara pulau yang satu dengan yang lain tidak terdapat laut Internasional serta merupakan negara Kepulauan terbesar di dunia sehingga melalui pernyataan diri sebagai Negara Kepulauan, maka laut bukan lagi sebagai pemisah namun sebagai pemersatu bangsa. 

Momen Hari Nusantara lanjutnya, selain bertujuan untuk mengingatkan kembali tentang Jatidiri bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari yang hidup di negara kepulauan bercirikan Nusantara juga dimaksudkan untuk mengubah mindset terhadap ruang hidup dan ruang Juang dari matra darat menjadi matra laut mengingat 75 % negara kita terdiri dari lautan dan didalamnya terkandung SDA yang cukup melimpah bagi kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan pemahaman terhadap wawasan kelautan kepada masyarakat.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando