Home » » LANUD ATANG SENDJAJA DIKUNJUNGI TIM ROAD TO ZERO ACCIDENT DISLAMBANGJAAU

LANUD ATANG SENDJAJA DIKUNJUNGI TIM ROAD TO ZERO ACCIDENT DISLAMBANGJAAU

Written By portal komando on 13 Des 2017 | 9:51 AM


Bogor, PK-Keselamatan terbang dan kerja merupakan faktor utama yang ditanamkan untuk menjadi fokus perhatian pada setiap satuan kerja di TNI Angkatan Udara. Kepedulian akan keselamatan terbang dan kerja akan menciptakan safety di lingkungan kerja, dan dengan demikian akan tercipta zero accident. 

 
Untuk tujuan tersebut, maka Tim Road To Zero Accident Dislambangjaau dipimpin langsung oleh Kadislambangjaau Kolonel Pnb Agung H. Santoso. Tim Road To Zero Accident tiba di Lanud Ats hari Senin (11/12), dan selanjutnya melaksanakan kunjungan ke Skadron Udara 6 dan Skadron Udara 8 serta Skatek 024. Selain berkunjung ke Skadron Udara dan Skatek, tim juga membagikan quesioner untuk diisi.

Pada hari kedua, Selasa (12/12), tim melaksanakan safety meeting yang diikuti oleh anggota Skadron Udara 6, 8, dan Skatek 024 Lanud Atang Sendjaja, bertempat di ruang rapat Mako Lanud Atang Sendjaja. Acara safety meeting diisi dengan penyampaian materi  ceramah oleh Tim Road To Zero Accident.  

Danlanud Atang Sendjaja Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Logistik Lanud Ats, Kolonel Tek Amin Rahardjo, S.T., menyampaikan bahwa sangat menyambut baik kegiatan seperti ini karena sangat bermanfaat bagi Lanud Atang Sendjaja.   Selanjutnya disampaikan oleh Danlanud Ats bahwa menciptakan safety di lingkungan kerja merupakan kegiatan yang sangat penting, dan hal itu harus menjadi sebuah kebutuhan. “Oleh sebab itu, kegiatan seperti ini perlu secara rutin diselenggarakan dan dikampanyekan sehingga budaya safety benar–benar tertanam pada diri setiap prajurit, dan akhirnya menghasilkan suasana kerja dengan kondisi zero accident sesuai yang diharapkan” terang Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos.  

Sementara Kadislambangjaau Kolonel Pnb Agung H. Santoso, yang diwakili oleh Sesdislambangjaau, Kolonel Pnb Hari Mursanto menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan Road To Zero Accident ini, ada sasarannya. “Sasaran yang hendak dicapai adalah adanya kesamaan persepsi, pola pikir, pola sikap dan pola tindak dalam rangka meningkatkan safety culture guna mencapai semboyan kita bersama yaitu mission accom plised, safety always”, ungkap Kadislambangjaau. 

Pada pelaksanaan acara safety meeting, disampaikan ceramah oleh tim Road To Zero Accident yang terdiri dari tiga penceramah. Materi ceramah yang pertama disampaikan oleh Kasilahkalambangja, Letkol Nav M. Jausan yang memberikan materi tentang Safety Reporting System, yang intinya menyampaikan tentang pentingnya proses pelaporan potensi bahaya sehingga dapat dirumuskan langkah-langkah pencegahannya.

Selanjutnya Mayor Kes Ariyanto, dari Dinas Psikologi Angkatan Udara menyampaikan materi tentang Fatique dan upaya mengatasinya. Penekanannya bahwa kerja itu seperti kasih ibu yang berlangsung sepanjang masa, sehingga hal itu dapat menyebabkan terjadinya kelelahan. Kelelahan itu tidak bisa dihindari sebagai akibat dari faktor usia, jenis kelamin, penyakit, keadaan psikis pekerja, beban kerja dan lain-lain.  Oleh sebab itu, harus menjadi perhatian serius sehingga dapat menghindari terjadinya accident. 

Pada kesempatan itu juga, Mayor Kes dr. Klara Sinabutar, Sp.KP., menyampaikan materi tentang Aeromedical Hazard Identification yang menjelaskan tentang faktor penyebab accident karena efek dari kebisingan. Faktor kebisingan itu dapat menyebabkan kerusakan organ pendengaran, gangguan percakapan, dan gangguan kesehatan. Sehingga penggunaan alat untuk dapat mengurangi kebisingan merupakan sarana yang sangat penting guna menghindari terjadinya accident.
 
Seluruh peserta safety meeting sangat antusias mengikuti kegiatan  Road To Zero Accident. Hal ini sesuai dengan yang diharapkan oleh Danlanud Ats. “Mengingat pentingnya materi dari tim road to zero accident kali ini,  saya menghimbau  kepada para anggota yang hadir untuk menyimak dengan seksama semua materi yang disampaikan”, terang Danlanud Ats. 
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando